Jumat, 22 September 2017

Aplikasi yang mendukung dunia perblogingan

Dunia perbloggingan tidak akan pernah luput dari berbagai aplikasi, baik itu aplikasi media sosial atau aplikasi untuk edit mengedit. 
Seperti mba Rahma dan mba Nyi yang juga seorang blogger pasti pernah menggunakan aplikasi-aplikasi berikut

Untuk mendapatkan informasi update blog terbaru kita harus banyak melakuakn sosialisasi dari group chat, semisal Whatsapp. 


Whatsapp sangat membantu untuk sesama blogger menjalin komunikasi lewat group komunitas dan bisa saling blog walking setiap harinya. Blog walking itu ngebantu banget lohh untuk membuat blog kita semakin naik Da dan Pa nya.. Yuk rajin - rajin blog walking.. 

Nah kalo cuma blog walking doank tapi kitanya juga gak update blog ya percuma, setiap kita blog walkingin punya orang usahakan untuk meninggalkan jejak dengan posting koment, supaya blogger tersebut ada kemauan untuk blog walking balik ke blog kita... 
note : jangan sekali-sekali ninggalin link hidup di blog orang yaaa nanti bisa nyepam loh..

Aplikasi berikutnya yang sangat membantu untuk dunia perbloggingan adalah aplikasi edit foto, Kadang kita suka gak puas deh kalau isi blog itu fotonya biasa aja, kayak yang niat dan gak niat mau ngasih foto. Jadi sebisa mungkin untuk diedit secantik cantiknya ya, supaya teman-teman yang mau blogwalking gak bosan ngeliat blog kita. 


Nah aplikasi edit yang biasa aku pakai adalah PicArt sama Snapseed. Cukup dengan dua aplikasi itu, aku bisa puas mengedit foto via hp. 


Kalau mau membuat pengunjung blog kita cukup ramai, jangan sungkan untuk membagikan url blog kita kemana-mana yaaa, bisa via Facebook, Twitter atau bahkan kita share melalui Instagram. Tapi sayangnya kalau lewat Instagram, link yang kita bagikan tidak bisa hidup. Jadi yaaaa setidaknya usaha lah yaa..

Intagram bisa banget sebagai media promosi blog kita lewat gambar. Gambar-gambar yang bagus yang kita unduh membuat banyak orang ingin tau apa sih isi dari blog kita. Jadi ya itu tadi, usahakan untuk membuat media sosial kita semenarik mungkin agar orang mau berkunjung ke halaman blog dan media sosial kita. 


Untuk twitter, mungkin kita suka menulis sesuatu hal yang sedang tranding topic, itu juga bagus untuk kmenaikkan grafik blog kita, dan jangan lupa untuk share di twitter disertai hesteq yang tranding topic tadi.. Buatlah berita semenarik mungkin serta tanpa hoax. 


Begitu banyak sih aplikasi di handphone atau komputer yang bisa kita unduh untuk membantu kita di dunia perblogingan. Yang penting kita harus selalu serius aja setiap mau update blog.. 
Selain aplikasi, keistiqomahan kita dalam menulis juga membuat pengunjung blog kita semakin ramai dan semakin ditunggu-tunggu orang. 

Himbauan yaa untuk para blogger, jangan sampai menyebarkan atau menulis berita yang belum diketahui jelas kebenarannya, karena setiap berita hoax yang kita sebarkan akan menjadi bumerang juga buat kita sendiri. Apalagi setelah ada Undang-undang tentang IT.. Nah mesti extra hati-hati yaaa..

Sumber berita yang jelas dan terpercaya juga menjadi nilai plus loh untuk bahan tulisan kita..

Selamat menulis sists-sista and brotha-brotha...

Novia