Rabu, 31 Mei 2017

Resep Ikan Kuah Kuning

Pagi..... 
Udah belanja buat masakan berbuka puasa hari ini mom?
Aku sih belum..  Masih bingung mau masak apa.. *Lol
Tapi aku sudah punya list masak selama puasa,  jadi gak bingung lagi mau masak apa.. 
Nah sekarang aku mau bocorin resep masakan Ikan Kuah Kuning.. 
Siap - siap yaaaa
Bahan - bahan yang dibutuhkan adalah :
Yang sudah pasti IKAN..
Boleh ikan laut atau pun ikan air tawar.  Tapi yang jadi idola sama anak - anakku adalah ikan laut ekor kuning.  Mereka suka banget..
Ini itungan untuk ikan 1 kg yaaa
Bahan kedua :
* ketimun ( dikupas dan dibuang bijinya,  dipotong agak panjang +- sebesar kelingking) 
"Bukan kelingkingnya semut yaa.  Xixixix


* wortel ( dikupas juga dibuang tengahnya dan dipotong sama seperti ketimun)


Bumbu yang harus disiapkan untuk dihaluskan adalah :


* bawang merah +-6 siung
* bawang putih +- 4 siung
* kemiri 2 buah
* kunyit +- 2 ruas jari
* jahe +- 1 ruas jari
* ketumbar 1 sdt
* lada seujung sdt

Semua bahan diatas dihaluskan yaaa..
Dan siapkan juga daun - daunan yaitu :
* daun salam 2 lembar
* daun jeruk 1 lembar
* sereh 1 batang digeprek

Selanjutnya siapkan bahan yang diiris :
* bawang bombay 1/2 buah diiris
* tomat 1 buah dipotong2
* cabai rawit boleh diiris atau tidak.  Sesuai selera.

Cara membuat :
Pertama - tama panaskan minyak untuk menggoreng ikan,  oh iya ikannya jangan lupa dibersihkan dan dilumuri oleh jeruk nipis sama garam yaaa..  Supaya aroma ikan tidak amis. 
Gak usah dibilas langsung digoreng sesuai selera.  Mau agak garing atau enggak.
Sisihkan ikan.. 

Lalu...
Tumis bumbu halus tadi dengan daun - daunan sampai harum dan tidak terlalu coklat,  masukkan bawang bombay,  tomat dan cabai rawit.  Tumis lagi sampai bahan agak kecoklatan. 



Lalu masukkan ketimun dan wortel,  Kasih air sedikit untuk kuah.  Rasakan garamnya dan tambahkan sedikit gula pasir sebagai pengganti penyedap rasa.  


Biarkan ketimun dan wortel agak matang lalu masukkan ikan yang sudah digoreng tadi..


Sajikan diatas piring saji,  taburkan bawang goreng.

Taraaaaaaaaa..  Sudah jadii...



Selamat mencoba yaaa..
Dan selamat berbuka puasa..
Love
Novia
Senin, 29 Mei 2017

Give Away noviadomi1

Hiii hiii sist...  

Aku mau mulai GA ku nih... 
Hadiahnya lumayan lohhh...  Ada... 

* make up Wardah dan Emina by @elkarima_studio


* cangkir cantik by @kjperabot


* tabung pemadam by @globalfire_indonesia


* parsel makanan sehat by @little.organic.kitchen


* frozen food by @frozenkuro


* home decor by @kakakpelangi


* bday party decor by @plantastic.prettydecor


* jilbab by @wulanshop.byuni


* souvenir by @erina


Semuanya bisa kamu dapetin free dari GA ku ini...

Rulesnya juga gampang loh...
  1. Kamu follow blog aku www.noviadomi.com dan Instagram http://www.instagram.com/noviadomi
  2. Kamu bikin artikel min 500kata yang temanya "Ramadhan " boleh pilih salah satu tentang 
    - food
    - fashion
    - beauty
    Artikel diberi keterangan " artikel ini diikutkan dalam GiveAway http://www.noviadomi.com "
  3. Kamu harus follow instagram @elkarima_studio
    @kjperabot
  4. Kamu follow 2 dari beberapa sponsor (boleh pilih min 2 akun)
    @globalfire_indonesia
    @little.organic.kitchen
    @frozenkuro
    @kakakpelangi
    @plantastic.prettydecor
    @wulanshop.byuni
    @erina_julia
Setelah ikutan GiveAway nya kamu koment di GA ini dan kirim ScreenShoot serta link kamu ke email novia.domi@gmail.com

Pemenang berdasarkan sesuai dengan rules yang sudah ada dan tulisan yang nanti akan dinilai oleh beberapa temen-temen blogger..

Ditunggu yaaa sampai tgl 18 Juni 2017.

Selamat menulis

Love
Novia

Sabtu, 27 Mei 2017

Makanan Favorite di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah...
Ramadhan telah tiba.. Bulan suci yang penuh rahmat sudah didepan mata.. Mari kita menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita...
Ramadhan adalah bulan yang ditunggu - tungu oleh umat muslim diseluruh dunia. Karena di bulan suci Ramadhan seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.
Bulan suci Ramadhan adalah bulan kebaikan, dimana setiap umat muslim berlomba - lomba untuk saling memberi kepada sesama dan beribadah sebaik mungkin. Seperti embak - embak ini yang selalu menebar kebaikan dibulan Ramadhan mba Ika http://www.diyanika.com dan mba Wati http://www.hidayah-art.com

Tak luput soal makanan, menu bulan Ramadhan sangatlah beragam, yangg biasanya tidak ada atau jarang ditemui dibulan - bulan lain selain Ramadhan, nah saat inilah menu itu selalu ada dan sangat dicari.


Menu apa aja yaa yang kira - kira aku suka nikmati disaat Ramadhan??

1. Kolak
Dihari - hari biasa selain Ramadhan,  kolak cukup jarang dinikmati masyarakat..  Tapi di waktu Ramadhan,  kolak adalah idola.  Kolak biasa disajikan sebagai takjil Bulan puasa..  Terutama di mesjid - mesjid yang menyiapkan takjil,  pasti kolak selalu ada disitu..

2. Es buah atau sop buah
Wah kalau ini idola banget,  selalu harus ada sop buah disaat buka puasa.  Selain segar di badan,  sop buah juga jadi primadona untuk berbuka.  Biasanya sop buah terdiri dari berbagai macam buah,  ada anggur,  strawberry,  melon,  mangga,  belewah, dan jelly yang beraneka rasa.. 


3. Gorengan
Gorengan itu memang tergolong makanan yang tidak sehat,  karena mengalami proses yang panjang dan menggunakan minyak sebagai bahan untuk menggoreng.  Tapi kalau buka puasa tanpa gorengan bagaikan lauk tanpa garam...  Hambar..  Maafkan tubuhku yaaa,  aku blm bisa lepas dari gorengan..



4. Kurma
Seharusnya ini termasuk makanan pertama yang wajib saat berbuka puasa.  Tapi kenapa aku menulis kolak yaaa yang pertama,  baiklah walaupun aku menulis kurma di no 4. So tetep ini makanan wajib yang aku makan disaat berbuka.    3 Butir kurma selalu aku makan dahulu disaat berbuka.. 

5. Es teh manis
Kalau hari - hari biasa aku jarang sekali minum es teh manis..  Tapi kalau Bulan puasa es teh ini termasuk ke daftar yang selalu aku minum..  Liatnya aja udah bikin ngiler..  Segar dan dingin es teh buatku sangat diperlukan.  Tapi aku selalu mengganti gulanya dengan gula Batu..  Jadi lebih sehat donk...

Sebenarnya masih banyak banget nih menu buka puasa yang mau aku jabarin... 

Oh iya aku punya 30 menu yang bisa dihidangkan saat berbuka...  Silahkan coba sendiri dirumah yaaa..  Kalau butuh resep bisa request,  nanti insyaallah aku buatin...

Menu - menu ini sengaja aku buat untuk persiapan masak setiap hari.  Supaya gak lupa dan gak bosen dengan menu yang sama setiap harinya.. 

Ini nihh menunya :
Menu masakan berat saat Ramadhan

1. Dendeng Balado
2. Ayam Bakar Padang
3. Ikan Kuah Kuning
4. Daging saos Teriyaki
5. Ayam Opor
6. Ikan Bakar Madu
7. Asam Padeh Daging
8. Ayam Saos Padang
9. Ikan sambal tumis cabai hijau
10. Cah Daging Lada Hitam
11. Ayam Gulai
12. Udang balado Kentang
13. Daging Semur
14. Ayam kecap
15. Ikan Asam pedas
16. Dendeng Manis
17. Ayam Balado
18. Ikan Tim
19. Soto Daging
20. Ayam bakar kecap
21. Ikan Balado
22. Tahu sambal kacang petis
23. Telur Balado
24. Mie Tahu
25. Selada Telur
26. Sop bakso
27. Kepiting asam pedas
28. Gulai udang kacang panjang
29. Ikan bakar kecap
30. Ayam rica2

Nah selamat mencoba yaaa...
Dan selamat berpuasa..

Love
Novia




Selasa, 23 Mei 2017

JNE memasuki Trend Millenia

Hii Monday, Tuesday, Wednesday...

Dunia kerja itu rasanya macam - macam ya.. Ada yang kadang bikin semangat ada juga yang bikin malas. Apalagi kalau kerjanya hanya dibalik meja, wah rasa bosan sering melanda tuh terutama dihari Senin. 

Meskipun hari Senin memiliki banyak keistimewaan, istilah “I Hate Monday” masih populer di tengah masyarakat, khususnya dikalangan pekerja atau karyawan.

Beragam cara orang menyikapi hari senin, awal minggu yang bagi sebagian orang agak malas untuk memulai aktivitas serta cenderung merasa bosan dan berharap agar weekend masih bisa diulang. Untuk itu berbagai hal dilakukan setiap orang secara pribadi, bahkan menjadi program khusus yang diselenggarakan sebuah perusahaan untuk mengawali pekan, agar hari Senin menjadi momentum spesial dengan semangat baru dalam beraktifitas.

Dalam dunia kerja yang saat ini didominasi oleh tenaga kerja dari kategori Generasi Y, trend millennial dalam lingkungan kerja menjadi sangat kental, sehingga berbagai tradisi atau budaya karyawannya pun berubah.
Hal ini terjadi hampir di semua bidang industri, tidak terkecuali dalam industri logistik dan pengiriman ekspres dimana JNE berada. Sehingga JNE pun menjalankan program khusus bernama
  “I Love Monday” yaitu penerapan casual dress code bagi karyawan back office.



Bagi banyak perusahaan, penerapan casual dress code telah menjadi kebiasaan sehari-hari, namun bagi JNE yang fokus di bidang pendistribusian barang dan telah berusia lebih dari 26 tahun, hal ini menjadi hal berbeda yang menyenangkan. 

Apalagi 40 ribu lebih karyawan JNE di seluruh Indonesia saat ini, mayoritas berumur 20 sampai 
35 tahun atau masuk dalam kategori “Generasi Millennial”.
Mengenai penerapan “I Love Monday” ini, Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan, “Mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, tentunya tetap dalam etika maupun norma perusahaan. 


Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja, terutama di hari Senin. Saat ini diawali dengan penerapan bagi karyawan di kantor pusat, selanjutnya casual dress code setiap hari Senin akan dijalankan juga oleh karyawan back office JNE di seluruh Indonesia”.

Selain dalam lingkungan kerja, tren millennial pun turut mengubah kebiasaan dalam aktifitas pengiriman paket yang dilakukan oleh masyarakat saat ini. 5 sampai 10 tahun yang lalu, pengiriman JNE didominasi oleh pengiriman paket pribadi dan saat ini aktifitas pengiriman paket telah menjadi bagian dari hidup setiap orang karena perkembangan e-commerce yang menyentuh hampir seluruh produk-produk konsumsi untuk berbagai keperluan, bahkan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu JNE pun turut mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan berbagai langkah, baik dari inovasi produk layanan sampai dengan program maupun acara.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik, JNE bukan hanya berpartisipasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan perekonomian, tapi juga bidang lainnnya. Perkembangan teknologi telah membuka peluang bagi siapapun seperti generasi Y, bahkan generasi Z, untuk melakukan aktifitas pengiriman paket yang semakin mudah dengan adanya internet. Sehingga, JNE pun selalu memiliki peran di berbagai bidang, seperti olahraga, pendidikan, sosial, budaya, dan sebagainya.

Tentu berbagai perubahan budaya dan kebiasaan yang terjadi, menuntut para tenaga kerja untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya-karya di bidangnya masing-masing dalam memenuhi kebutuhan pasar yang turut berkembang juga. Untuk itu, pengembangan dan inovasi tidak hanya dilakukan dalam hal-hal besar, tapi juga hal kecil seperti menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan ceria.

Terbukti dengan penerapan casual dress code setiap hari Senin dalam “I Love Monday” di JNE, antusiasme karyawan sangat tinggi dan karyawan di cabang pun turut meminta hal ini juga diberlakukan di seluruh Indonesia, bahkan beberapa orang karyawan sampai membeli baju baru agar penampilannya dalam mengekspresikan karakter personal makin maksimal di awal pekan. Tentunya dengan kepercayaan diri yang bertambah, maka akan menstimulasi kreatifitas yang berdampak pada peningkatan produktifitas dan performa kinerja.


So gak ada lagi nih alasan untuk malas masuk kerja di hari Monday... yang ada setiap habis wekend selalu menantikan saatnya masuk kerja.. yang pasti " I Love Monday " with JNE.



Kamis, 18 Mei 2017

Pembersih wajah?? Ya Bio - Essence Bird's Nest + Peptides

Sist lagi bingung mencari sabun pencuci wajah? Nih aku kasih bocoran sabun pembersih wajah yang sangat aman dan nyaman di pakai di jenis kulit apapun. 



Udah pada tau belum sama Bio-Essence Birds Nest + peptides? 



Awalnya aku paling gak pernah nih mencuci wajahku, kecuali membersihkan dengan tisyu basah baby. Bukan karena gak mau membeli sabun pencuci wajah sendiri, tapi beberapa kali aku mencoba berbagai produk selalu saja tidak cocok diwajahku. Maklum wajahku cukup sensitif. Efek yang ditimbulkan dengan berbagai merk sabun wajah yang sudah pernah aku pakai, selalu saja meninggalkan rasa gatal yang meradang dan membuat kulitku iritasi..

Tapi sist, setelah aku mendapat produk Bio-Essence dari Yuk Cobain, aku penasaran nih sama produk ini. Pertama kali coba aku sempat was-was takut mukaku meradang lagi, wahhh ternyata wajahku aman sist. Tidak gatal sama sekali dan tidak meradang. Akhirnya aku menemukan sabun pencuci wajah yang cocok dengan kulit mukaku.. 



Sebelum aku jabarin tentang bio essence aku mau Kasih tau dulu nih tentang kemasannya yang cantik.  
Warnanya nuansa gold yang elegant.  



So cute kalau diperhatiin..  Untuk kemasannya ada detail tentang produk ini,  jadi kita bisa tau banget komposisi didalamnya dengan jelas.  
Ukurannya juga tergolong besar loh..  So bisa buat sebulan lebih deh kalau pakai ini..  Aku suka😍


Bio Essence Birds Nest + Peptides Perfect Cleanser adalah pembersih multi fungsi yang membersihkan dan membatu menutrisi kulit dengan Birds Nest Extract yang kaya akan kolagen. Busa halus dan lembutnya membantu membersihkan, mengangkat debu dan kotoran tanpa membuat kulit kering, membuatnya terasa lembut dan segar. Ditambah dengan Bio-whitening Peptides,, membantu mencerahkan kulit sehingga tampak lebih segar dan terasa kencang. 



Manfaat dari produk ini adalah: 

  • Membersihkan secara optimal dan membantu ngangkat kotoran yang terperangkap dipori - pori.
  • Membersihkan dengan tetap menjaga kelembaban kulit dan memberikan kesegaran.
  • Diprkayadengan Bird's Nest Extracyang kya akan kolagen, menjaga kulit tetap halus dan lembut.
  • Kulit tampak lebih cerah.
Untuk cara pemakaian produk ini sangatlah mudah yaitu cukup tekan sedikit kemasan dan keluarkan secukupnya ketelapak tangan dengan air. Pijat wajah dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air. Gunakan rangkaian produk Bio - Essence Bird's Nest + Peptides lainnya untuk hasil yang optimal. 


Nah udah baca reviewku tentang sabun wajah Bio - Essence Bird's Nest + Peptides khan. Jangan ragu lagi sist untuk mencoba produk ini. Aku recomend banget deh.




So selamat mencoba yaaa sist. Dan aku tunggu nih koment tentang Bio Esence ini...
Thanks for reading my review.



Love
Novia

Ini tutorial di chanel youtub ku yaaa..  Jangan lupa suscribe n like nya.. 

https://youtu.be/QA6pZX-15XU

Ig : http://www.instagram.com/noviadomi
Tw : http://www.twitter.com/noviadomi
Fb : http://www.facebook.com/noviadomi
Blog : http://www.noviadomi.com



Sabtu, 13 Mei 2017

Kopi & Sahabat

Kopi Indonesia


Indonesia kaya akan hasil alamnya, berbagai jenis tumbuhan ada di tanah Indonesia. Salah satunya adalah kopi. Begitu banyak jenis kopi yang tumbuh di Indonesia, dari ujung barat hingga ujung timur memiliki kopi khas masing - masing di setiap daerahnya.


Menurut filosofi, kopi itu semakin tumbuh ke timur maka cita rasa dari kopi tersebut semakin asam. Aromanya semakin pekat, dan rasanya pun semakin kuat. Tapi bagi sebahagian orang cita rasa asam kopi adalah rasa yang enak dan menarik.


Dari ujung pulau Sumatra, terkenal dengan "kopi gayo".


Kopi gayo pun banyak jenisnya, dari gayo wine, robusta, gayo honey dan gayo luwak. semua jenis itu meiliki rasa yang berbeda - beda, tetapi tetap nikmat.



Bergeser sedikit kearah sumatra barat. ada kopi teko, kopi batusangkar dan yang terkenal daun kopi tempurung.


Konon katanya dizaman perang kemerdekaan Indonesia, biji kopi asli di Sumatra Barat hanya boleh dikonsumsi oleh para penjajah dan petinggi negara, sedangkan rakyat biasa atau bisa dikatakan rakyat jelata hanya bisa mengkonsumsi kopi dari daunnya saja. proses pembuatannya daun kopi dikeringkan dan direbus sehingga menghasilkan minuman beraroma kopi, dan diminum dengan menggunakan batok tempurung kelapa. tapi ternyata rasanya cukup nikmat. sehingga sampai saat ini minuman daun kopi di Sumatra Barat sangatlah terkenal dan diminati oleh wisatawan yang berkunjung kesana.

Beralih kepulau jawa, daerah jawa tengah terkenal dengan kopi Banaran.



Banaran itu sebanarnya adalah nama tempat di wilayah jawa tengah, tapi disana terdapat kebun kopi yang cukup luas. menurt saya rasa kopinya cukup enak, tetapi kurang pekat dan aroma kurang strong. so far tetap enak.

Ada juga kopi dari daerah Rembang. Tapi ini kopi asli daerah dan tidak memiliki merk.


Jawa Timur juga terkenal dengan Kopi Singa. Kopi Singa sudah banyak dijual dipasaran, baik di supermarket atau di toko-toko penyedia bahan makanan. Kopi singa rasanya terlalu pekat dan sedikit hambar menurut lidahku, jadi untuk saya pribadi Kopi Singa bukanlah sebuah pilihan untuk ngopi dirumah.

Didaerah Bali begitu banyak jenis-jenis kopi. Ada yang memang sengaja di tanam diBali untuk langsung dikonsumsi dan ada juga yang sudah memiliki merk hak paten. Untuk kopi Bali saya baru mencoba 1 jenis saja yaitu kopi cap Banyuatis, saya suka dengan rasanya yang memillki aroma kopi nikmat.


Untuk daerah Kalimantan, saya sendiri belum pernah mencoba kopi khas sana. So saya gak bisa review.. Kalau mau diriview boleh kok kirim dulu kopinya kesaya.. hihii

Kopi dari daerah Sulawesi terkenal dengan Kopi Toraja dan ada jua Kopi Nusantara. Kopi Toraja menurut saya aroma dan rasanya nikmat dan sangat enak. Apalagi kalau dibuat es kopi... wahhh saya suka sekali. Kopi Nusantara khas Makasar juga saya menyukainya. Terdapat beberapa jenis kopi dari sana, rasa dan aroma nikmat dan saya recomend untuk di nikmati bersama teman-teman.. *colekyangpunyaahhh  LOL

Lanjut ke daerah Papua.. nah disini kekuatan kopi terlihat.. Dari semua kopi yang sudah saya coba, Kopi Papua masih menjadi juara di lidah saya. Aromanya sangat kuat, rasanya sangat pekat dan sangat asam. Cita rasa kopi begitu kental di Tanah Papua.

Kopi asli Papua ada yang dari daerah Timika yaitu Amugme Kopi yang selalu saya konsumsi. Harganya cukup mahal, apalagi disertai ongkos dari Timika ke Semarang. Jadi selama ini saya selalu menitip sama teman yang sedang cuti pulang kedaerah Jawa.


Ada juga kopi Wamena. Kopinya juga sangat enak. dan saya recomended..

Meminum kopi bukanlah hanya sebagai penghilang rasa haus, tetapi buat saya meminum kopi itu sebagai obat ampuh untuk menghilangkan jenuh, membuat fikiran terbuka dan mebuat hati senang.
Saya sangat suka dengan es kopi.. Apalagi kalau kopinya di racik dan di blend dengan dark coklat tanpa gula dan creammer.. Rasanya sangat nikmat dan siap dimunum dengan Sahabat..


Kopi bagaikan sahabat yang selalu ada dimana saja. Selalu bisa memberikan rasa, rasa pahit dan manis. Sama dengan sahabat, terkadang dia memberikan rasanya kepada kita. Pahit dan manisnya tergantung kita yang bisa menilai..


Selamat ngopi sahabat.. Kau selalu ada digenggaman tanganku..






Love
Novia






Jumat, 12 Mei 2017

Resep Ayam Bakar Padang ala Mama

Kamu suka gak sama ayam bakar?  Kalau aku suka pake banget..  Yaa walaupun itu bukan menu favorite ku. Tapi kalau Mama yang bikin itu akan jadi menu favorite ku...



Aku mau berbagi nih resep Ayam Bakar ala MAMA..
Biasanya hampir setiap ada acara, aku suka bikin menu ini selain dendeng balado. 
Selain enak, menu ini juga cocok kalau pas lagi rame-rame dirumah..




Yukkk kepoin resepnya ya... Jangan lupa ambil pulpen dan kertas... Langsung catet.. Wajib...

Bahan Utama :

  • Ayam
Boleh ayam kampung atau ayam broiler. Sesuai selera ya.. Tapi aku saranin sebelum dibumbui, ayamnya dicuci bersih dulu dan direbus sebentar yaaa, tujuannya agar lemak-lemak ayam yang menempel bisa hilang, jadi lebih sehat.

Bahan Ungkepan yang digiling :

  • Bawang Merah +- 10/15 siung
Saya termasuk boros menggunakan bawang merah, sekilo bawang paling untuk masak 4 - 5 menu masakan. Bawanng merah itu rahasia masakan jadi lebih enak.. Jadi mulai sekarang harus setok bawang merah yang banyak ya...

  • Bawang Putih +- 8 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Kemiri 4 buah
  • Jahe +- 2cm
  • Kunyit 5cm
  • Biji Pala seujung 1/2cm
  • Cabe merah keriting 5 buah
Seluruh bahan diatas digiling sampai halus, dan dijadikan bahan ungkepan untuk ayam. Jangan lupa masukkan juga beberapa bahan ini ya.. Tapi jangan digiling :)

Bahan yang tidak digiling : 

  • Lengkuas +- 2jari
  • Sere 2 batang
  • Daun Salam 2 lembar
  • Daun Jeruk 2 lembar
  • Asam Kandis 2 buah
Rebus semua bahan yang digiling dan tidak digiling, serta tambahkan santan +- dari satu butir kelapa parut. Rebus semua bahan, jangan lupa dikasih garam secukupnya dan merica sedikit ya.

Biarkan sampai ayam empuk dan bisa untuk di bakar. Tapi air rebusan jangan sampai habis yaaa.. Sisakan air rebusan sebanyak 1/4 dari air rebusan awal. 

Setelah ayam empuk, ayam bisa diangkat dan langsung dibakar. Bisa bakar menggunakan oven atau teflon. Sesuai selera aja..

Saatnya siapkan bumbu iris yaa

  • Cabe merah keriting 5 buah
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Cabe rawit hijau 5 buah
  • Bawang Merah 5 siung
  • Tomat 1 buah
Semua bahan diiris kecil-kecil untuk dijadikan sambel ayam bakar.

Lanjut yaa prosesnya.

Sisa air rebusan ayam tadi, dimasak lagi lalu masukkan seluruh bahan yang sudah diiris dan ditambahkan gula +-1 sdm, cuka 1/4 sdt, daun jeruk 1 lembar, lalu tambahkan kecap manis sampai bumbu berubah warna menjadi coklat. Dimasak sampai mendidih dan mulai dirasakan asam manis dan pedasnya.
Kalau rasanya sudah pas. Bumbu bisa diangkat dan disiram ke ayam yang sudah dibakar tadi...

Oh iya belum lama ini aku ngadain arisan para blogger dirumahku, salah satu menu yang aku masak, Ayam Bakar Padang ini loh.. dan teman-temanku pada bilang enak. 
Akhirnya aku bikin resepnya disini, supaya teman-teman bisa bikin sendiri dirumah..


Selamat mencoba.. Jangan lupa di review ya resep Ayam Bakar ala Mama..

Love 
Novia