Jumat, 12 Mei 2017

Ayam Goreng Kalasan by Novia Domi


Ayam Goreng Kalasan by dapurnya NoviaDomi


Udah lumayan lama ya aku mau berbagi resep ayam kalasan ini,  tapi kok belum kesampaian terus yaaa..  Oke deh sekarang kita mulai masak yaaa..  Siapin dulu bumbu-bumbunya.. Oiya aku pakai ayamnya 1ekor. 


Bumbunya :
. Bawang putih 12 siung
. Bawang merah 10 siung
. Lengkuas +-2 jempol agak besar
. Jahe +- 4cm
. Kunyit +- 1jempol 
. Kemiri 4 buah
. Serai 2 Batang 
. Ketumbar 1sdm
. Lada putih 1/2 sdt
. Asam Jawa 2sdm
. Gula merah 4buah yg kecil 
. Daun jeruk 4lmbr
. Kecap manis
. Terakhir jangan lupa dikasih salam yaaa “bukan Assalamualaikum loh”😁 maksudnya daun salam 3lmbr
Caranya :
Sebelum ayam diungkep,  ayam direbus dulu sebentar ya pake air putih supaya lemak-lemaknya pada keluar,  jadi ayam lebih bersih. 

Bumbu-bumbu tadi semuanya digiling sampai halus kecuali dedaunan, gula merah, asam Jawa dan kecap gak usah.  Setelah itu ungkep ayam yang sudah direbus dengan bumbu halus (sebaiknya air ungkepan menggunakan air kelapa)  tujuannya supaya rasa ayam lebih enak dan gurih.  

Masukkan semua dedaunan, asam Jawa, gula merah dan kecap kedalam ungkepan ayam. 

Ungkep ayam sampai lembut dan airnya mengering. Oiya jangan lupa rasain garamnya sesuai selera.😄  Sesekali boleh diaduk, tapi jangan terlalu sering karena nanti daging ayam bisa hancur.  
Setelah airnya habis ayam bisa digoreng.  Gorengnya sebentar aja biar tidak hangus.  

Selamat mencoba dan selamat makann 😘😘

Selamat masak..
Love
Novia​
Posting Komentar