Dendeng Balado ala Novia Domi



Resep Dendeng Balado ala Novia Domi


Dendeng balado ini masakan kesukaan suamiku.  Dendengnya beda sama yang suka dijual di rumah makan padang.  Dagingnya lebih lembut,  rasanya lebih gurih dan sambelnya lebih berasa..  Favorite pak su banget deh..  Kalau mau undang tamu makan dirumah,  pasti deh paksu suruh aku siapin menu ini..  Kayanya menu wajib yaa.  Heheh
Yu ahhh kita siapin bahan2nya..  
Daging 1/2 kg. 
Bumbu yang dihaluskan untuk daging
  1. Ketumbar +- 2sdm
  2. Kemiri 1 btr
  3. Lada seujung sendok
  4. Bawang putih 6 bh   
Semuanya digiling halus untuk merebus daging,  biar gampang dagingnya diiris dulu yaaa tapi jangan terlalu tipis.  Baru direbus dengan bumbu tadi sambil dikasih daun jeruk 1 lmb,  salam 1 lbr (jangan ucapan salam yaa.  Hehehhe),  sama serai 1. Bagi yang suka rasa rempah,  boleh ditambahin sedikit pala dan sedikit cengkeh.Ungkep semua sampe daging empuk, dan sisain sedikit air rebusannya untuk kaldu di sambelnya ya.. 
Nah kalau untuk sambelnya kita siapin 
  1. Cabe merah keriting
  2. Bawang merah (agak banyak juga boleh biar makin enak) 
  3. Tomat 1 atau 2 buah. Sesuai selera.    
Cara bikin sambelnya,  cabe digiling sama garem, gak usah terlalu halus.  Bawang merah dan tomat biar berasa bisa diiris.  Tapi kalau mau digiling bareng cabe juga boleh..  Tergantung selera yaaa.  
Lanjut yaaaa..  Setelah daging empuk,  daging dimemarkan dulu dengan batu giling,  supaya pas digoreng enak berasa empuknya.  Setelah memar,  daging digoreng tapi jangan lama2, udah agak kecoklatan bisa diangkat,  biar gak keras.  
Lalu setelah semua digoreng dagingnya,  kita lanjut masak sambelnya.  Kalau bawang merah dan tomatnya diiris,  yang pertama digoreng adalah bawang merah sampai setengah matang, baru masukin tomat,  sudah menyatu baru masukin cabenya.  Tapi kalau semua digiling jadi satu,  yaaa langsung aja masukin penggorengan semuanya.  
Setelah cabenya 3/4 mateng,  baru deh masukin kaldu daging tadi ke sambel yang masih digoreng.  Sambil dirasain yaa garemnya,  o iya jangan lupa kasih perasan jeruk nipis sedikit atau bisa diganti sama asam jawa.  Dan gula sedikit sebagai pengganti msg.  Setelah itu bisa dimasak sampai matang dan dicampur dengan daging tadi sampai rata..kalau mau ditambahin kentang goreng juga boleh,  tinggal diiris aja kentangnya trus goreng, dan dicampur dehh.. Udahhh deh jadi..  Selamat menikmati..  😄
Ini penampakan dendengnya yg udah jadi 

O iyaaa..  Just sharing,  dulu di timika,  aku sampe jualan lohhh dendengnya..  Peminatnya lumayan banyak..  Hihihi…  
Kalau ini penampakan orderanku dulu 

Selamat makan semuanya.. 
Love Novia