Makanan Favorite di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah...
Ramadhan telah tiba.. Bulan suci yang penuh rahmat sudah didepan mata.. Mari kita menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita...
Ramadhan adalah bulan yang ditunggu - tungu oleh umat muslim diseluruh dunia. Karena di bulan suci Ramadhan seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.
Bulan suci Ramadhan adalah bulan kebaikan, dimana setiap umat muslim berlomba - lomba untuk saling memberi kepada sesama dan beribadah sebaik mungkin. Seperti embak - embak ini yang selalu menebar kebaikan dibulan Ramadhan mba Ika http://www.diyanika.com dan mba Wati http://www.hidayah-art.com

Tak luput soal makanan, menu bulan Ramadhan sangatlah beragam, yangg biasanya tidak ada atau jarang ditemui dibulan - bulan lain selain Ramadhan, nah saat inilah menu itu selalu ada dan sangat dicari.


Menu apa aja yaa yang kira - kira aku suka nikmati disaat Ramadhan??

1. Kolak
Dihari - hari biasa selain Ramadhan,  kolak cukup jarang dinikmati masyarakat..  Tapi di waktu Ramadhan,  kolak adalah idola.  Kolak biasa disajikan sebagai takjil Bulan puasa..  Terutama di mesjid - mesjid yang menyiapkan takjil,  pasti kolak selalu ada disitu..

2. Es buah atau sop buah
Wah kalau ini idola banget,  selalu harus ada sop buah disaat buka puasa.  Selain segar di badan,  sop buah juga jadi primadona untuk berbuka.  Biasanya sop buah terdiri dari berbagai macam buah,  ada anggur,  strawberry,  melon,  mangga,  belewah, dan jelly yang beraneka rasa.. 


3. Gorengan
Gorengan itu memang tergolong makanan yang tidak sehat,  karena mengalami proses yang panjang dan menggunakan minyak sebagai bahan untuk menggoreng.  Tapi kalau buka puasa tanpa gorengan bagaikan lauk tanpa garam...  Hambar..  Maafkan tubuhku yaaa,  aku blm bisa lepas dari gorengan..



4. Kurma
Seharusnya ini termasuk makanan pertama yang wajib saat berbuka puasa.  Tapi kenapa aku menulis kolak yaaa yang pertama,  baiklah walaupun aku menulis kurma di no 4. So tetep ini makanan wajib yang aku makan disaat berbuka.    3 Butir kurma selalu aku makan dahulu disaat berbuka.. 

5. Es teh manis
Kalau hari - hari biasa aku jarang sekali minum es teh manis..  Tapi kalau Bulan puasa es teh ini termasuk ke daftar yang selalu aku minum..  Liatnya aja udah bikin ngiler..  Segar dan dingin es teh buatku sangat diperlukan.  Tapi aku selalu mengganti gulanya dengan gula Batu..  Jadi lebih sehat donk...

Sebenarnya masih banyak banget nih menu buka puasa yang mau aku jabarin... 

Oh iya aku punya 30 menu yang bisa dihidangkan saat berbuka...  Silahkan coba sendiri dirumah yaaa..  Kalau butuh resep bisa request,  nanti insyaallah aku buatin...

Menu - menu ini sengaja aku buat untuk persiapan masak setiap hari.  Supaya gak lupa dan gak bosen dengan menu yang sama setiap harinya.. 

Ini nihh menunya :
Menu masakan berat saat Ramadhan

1. Dendeng Balado
2. Ayam Bakar Padang
3. Ikan Kuah Kuning
4. Daging saos Teriyaki
5. Ayam Opor
6. Ikan Bakar Madu
7. Asam Padeh Daging
8. Ayam Saos Padang
9. Ikan sambal tumis cabai hijau
10. Cah Daging Lada Hitam
11. Ayam Gulai
12. Udang balado Kentang
13. Daging Semur
14. Ayam kecap
15. Ikan Asam pedas
16. Dendeng Manis
17. Ayam Balado
18. Ikan Tim
19. Soto Daging
20. Ayam bakar kecap
21. Ikan Balado
22. Tahu sambal kacang petis
23. Telur Balado
24. Mie Tahu
25. Selada Telur
26. Sop bakso
27. Kepiting asam pedas
28. Gulai udang kacang panjang
29. Ikan bakar kecap
30. Ayam rica2

Nah selamat mencoba yaaa...
Dan selamat berpuasa..

Love
Novia




35 komentar:

  1. Wah masakan mb domi mantap2, ayo mbk invite GR buat buber wkkkkkkkk*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukkkk bukber dirumahku.. Tapi kamu bantuin masak yaa mara..

      Hapus
  2. list menunya komplet, nanti aku minta resep ikan kuah kuning sama ayam saos padang ya, Nov.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp mba... Ntr aku bikinin yaa InsyaAllah

      Hapus
  3. Nah kalo ada list menu gini aku jg jd gampang bilang k mba ART ntr mau masak apa slama puasa ini :p. Kdg aku jg srg bosen ama menu2 yg dimasak, tp pas ditanya mau makan apa, akunya suka blank gitu mba huehehehe... :p. Ujung2nya terserah si mba ART aja mau masak apalah.. Toh aku ga rewel juga soal makanan. Tp kdg kasian kalo si mba art udh garuk2 kepala mikirin mau masak apa :p.. Kalo ada list begini, aku tinggal nyari resepnya di internet, trs ksh ke dia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba... Silahkan di list menunya.. Pas magrib tinggal makan dehh

      Hapus
  4. Haduhhh gorengan itu kenikmatan yang menjerumuskan. Tapi mau gimana lagi..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh mba.. Aku kok ya blm bisa lepas dengan gorengan.. Sangat menggoda.

      Hapus
  5. Paling suka tahu baso ama bakwan sayur alias bala2 mun di sunda mah ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss samaan kita teh suka bala2

      Hapus
  6. Dooohh semuanya aja deh bikin ngileeeerrrr...

    Kapan nih kita buka bersama di rumah mbak Noviii???

    Wkwwkwkwkwkkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba alfi.. Aku tunggu yaa disemarang

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. weissa mba novi menunya komplittt...sukak deeh....baru baca dftarnya aja, uda ikutan ngiler bayanginnya *duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixi silahkan dipraktekkan mba..

      Hapus
  9. kurma itu must have item pas ramadhan ya mbak....

    BalasHapus
  10. Sampai bikin menu gini yak? Inspiratif ini hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Requestan pak suami mba.. Biar gak bosen juga masaknya itu2 aja.

      Hapus
  11. Ternyata mbak novi jago masak...mau dong dibagi resep-resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepoin blogku terus yaa mba.. Ntar satu persatu aku bikinin resepnya πŸ˜‰

      Hapus
  12. Aku paling tidak tahan sama gorengan mbak padahal pengen mengurangi gorengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. Kalau buka puasa tanpa gorengan tuhh yaa gimana gituuu

      Hapus
  13. Gorengan ama teh anget emang xucok banget buat menu buka ya mbak nov

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah sukanya es teh mba.. Gak bisa minum yang anget2.. Xixi

      Hapus
  14. Aseekkkk aku udh dadah2 ama gorengan, pengen perut ramping, wkwkwk *trus dikeplak sak jagad raya

    Ayo buruan tulis resep pesananku, keburu puasa selesai, Nov

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahh kubayar yaa utangnya.. Resep sudah di share.. Selamat mencobaaa

      Hapus
  15. Jadi pengen buat tahu isi mba kaya mb domi. Keren menu menu ramadhan nya mb,kebanyakan aku blm nyoba,ky resto mesti seneng klg nya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak2ku sama suamiku tukang makan semua mba.. Jadi mesti masak tiap hari😘

      Hapus
  16. Menunya kok sing ala resto kabeh, jadi malu mau kasih tau menu akyuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihh mba rahmi. Ini menu gampang2 kok..

      Hapus
  17. Wah list menunya bisa dicopy nih, lumayan ngebantu saat pikiran ngeblank pas ga ada ide :)

    BalasHapus
  18. Rajin banget mba bikin menu sampe 30 hari.. πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Request pak suami mba.. Tapi ngebantu banget sih supaya gak bingung mau masak apa😁

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...