Resep Ayam Bakar Padang ala Mama

Kamu suka gak sama ayam bakar?  Kalau aku suka pake banget..  Yaa walaupun itu bukan menu favorite ku. Tapi kalau Mama yang bikin itu akan jadi menu favorite ku...



Aku mau berbagi nih resep Ayam Bakar ala MAMA..
Biasanya hampir setiap ada acara, aku suka bikin menu ini selain dendeng balado. 
Selain enak, menu ini juga cocok kalau pas lagi rame-rame dirumah..




Yukkk kepoin resepnya ya... Jangan lupa ambil pulpen dan kertas... Langsung catet.. Wajib...

Bahan Utama :

  • Ayam
Boleh ayam kampung atau ayam broiler. Sesuai selera ya.. Tapi aku saranin sebelum dibumbui, ayamnya dicuci bersih dulu dan direbus sebentar yaaa, tujuannya agar lemak-lemak ayam yang menempel bisa hilang, jadi lebih sehat.

Bahan Ungkepan yang digiling :

  • Bawang Merah +- 10/15 siung
Saya termasuk boros menggunakan bawang merah, sekilo bawang paling untuk masak 4 - 5 menu masakan. Bawanng merah itu rahasia masakan jadi lebih enak.. Jadi mulai sekarang harus setok bawang merah yang banyak ya...

  • Bawang Putih +- 8 siung
  • Ketumbar 1 sdm
  • Kemiri 4 buah
  • Jahe +- 2cm
  • Kunyit 5cm
  • Biji Pala seujung 1/2cm
  • Cabe merah keriting 5 buah
Seluruh bahan diatas digiling sampai halus, dan dijadikan bahan ungkepan untuk ayam. Jangan lupa masukkan juga beberapa bahan ini ya.. Tapi jangan digiling :)

Bahan yang tidak digiling : 

  • Lengkuas +- 2jari
  • Sere 2 batang
  • Daun Salam 2 lembar
  • Daun Jeruk 2 lembar
  • Asam Kandis 2 buah
Rebus semua bahan yang digiling dan tidak digiling, serta tambahkan santan +- dari satu butir kelapa parut. Rebus semua bahan, jangan lupa dikasih garam secukupnya dan merica sedikit ya.

Biarkan sampai ayam empuk dan bisa untuk di bakar. Tapi air rebusan jangan sampai habis yaaa.. Sisakan air rebusan sebanyak 1/4 dari air rebusan awal. 

Setelah ayam empuk, ayam bisa diangkat dan langsung dibakar. Bisa bakar menggunakan oven atau teflon. Sesuai selera aja..

Saatnya siapkan bumbu iris yaa

  • Cabe merah keriting 5 buah
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Cabe rawit hijau 5 buah
  • Bawang Merah 5 siung
  • Tomat 1 buah
Semua bahan diiris kecil-kecil untuk dijadikan sambel ayam bakar.

Lanjut yaa prosesnya.

Sisa air rebusan ayam tadi, dimasak lagi lalu masukkan seluruh bahan yang sudah diiris dan ditambahkan gula +-1 sdm, cuka 1/4 sdt, daun jeruk 1 lembar, lalu tambahkan kecap manis sampai bumbu berubah warna menjadi coklat. Dimasak sampai mendidih dan mulai dirasakan asam manis dan pedasnya.
Kalau rasanya sudah pas. Bumbu bisa diangkat dan disiram ke ayam yang sudah dibakar tadi...

Oh iya belum lama ini aku ngadain arisan para blogger dirumahku, salah satu menu yang aku masak, Ayam Bakar Padang ini loh.. dan teman-temanku pada bilang enak. 
Akhirnya aku bikin resepnya disini, supaya teman-teman bisa bikin sendiri dirumah..


Selamat mencoba.. Jangan lupa di review ya resep Ayam Bakar ala Mama..

Love 
Novia



7 komentar:

  1. Wah sama dong, aku masak ayam pasti dierebus dulu bentar, air rebusan itu kubuang dulu, baru kuganti buat sekalian dimasak, wah makasoh nih resep anyar, langsung deh kupraktekan besok 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kakakkk.. Kalau udah jadi jangan lupa ripiu yaaa.. Selamat masakk

      Hapus
  2. Siap nyobain resepnya ..., bumbunya sedikit beda dg bumbu yg biasa aku buat kalo sedang masak ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kakakkk... Ditunggu ripiewnya yaa kakakaa

      Hapus
  3. Aseeekkk, hari minggu aku nyoba resepnya ya Nov, makasiih udh sharing yak

    BalasHapus
  4. Lhooo, ini pas arisan kemaren ada ya. Huhuhu, aku ngga nyicipin gegara makan berdua sama anakku,.je takut kepedesan. Menyesal akuh 😂

    BalasHapus
  5. Waaa emaknya sis... thanks for sharing resepi nya ya :)

    - www.dillaleez.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...