wisata Jawa Tengah dan Jawa Timur selama 4 hari

Hiii hiiiiii sudah pernah wisata Jateng dan Jatim belum?
aku mau berbagi pengalaman nih wisata keliling Jateng dan Jatim selama 4 hari.. seru lohhh...

Wekend kemarin adalah hari libur yang cukup panjang, dari hari Jumat sampai Senin, sayang khan kalau wekend gak kemana-mana..
Paksu bikin rencana, gimana kalau kita wisata ke Jawa Timur dengan lewat darat alias bawa mobil sendiri.. Wah siapa yang nolak kalau diajak jalan-jalan mah... saya sih hayuk aja kalo travelling..

Karena kami tinggal di Jawa Tengah, tepatnya di kota Semarang. Jadi perjalanan dimulai dari Semarang.
Kami berangkat dari Semarang pukul 09.00 WIB. Perjalanan pertama menuju daerah Demak, perjalanan berlangsung selama 1 jam, dan lanjut untuk ke Kudus. 

Memasuki kota Kudus pasti teringat dengan makanan khas daerahnya yaitu "soto kudus dan garang asem".  jadi kita mampir disebuah rumah makan yang cukup ramai dan terkenal disana, namanya RM SARI RASA.. masakannya bervariasi, dari soto kudus, garang asem, tahu telur, tahu campur, opor, dll. 


Masakannya enak-enak dan harganya cukup terjangkau.. Jadi kalau keKudus jangan lupa ya mampir kerumah makan Sari Rasa. 

Dari Kudus kami melanjuti perjalanan menuju Pati, karena pada saat itu hari Jumat, jadi suami dan anak-anak harus melaksanakan shalat Jumat dulu. dan kami mampir di Mesjid Agung Pati yang terletak tepat disamping alun-alun Pati. 
Mesjidnya sangat indah dan terawat serta bersih. sambil menunggu anak-anakku shalat Jumat, maka aku sama baby main di alun-alun, seruu dehh...


Lanjut yaaaa.. dari Pati kami mulai menyusuri jalanan lagi menuju Rembang. disamping jalan kita ketemu pantai. penasaran sama pantainya, jadi kita mampir dahulu, namanya Karang Jahe Beach. Begitu memasuki area parkiran, pasir- pasir sudah terpampang rapih dan so soft.. diinjakkan kaki di pasir seperti lagi diatas karpet yang halus.





Begitu melihat pantai, wahh airnya jernih, pantainya bersih dan banyak pepohonan disamping pantai. "Cantik".. kata pertama yang terlontar dari mulutku.. ini pantai recomend banget untuk mengajak anak-anak berwisata air. Ada fasilitas penyewaan ban berenang dan juga perahu balon yang bisa digunakan untuk keluarga.. so... aku suka main air di Karang Jahe Beach...


Selesai berenang dipantai, kami melanjutkan perjalanan  menuju Jawa Timur...

Taraaaaaa Selamat Datang di Jawa Timur..


Akhirnya masuk juga ke wilayah yang dituju, dengan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan kurang lebih 14 jam ( banyak mampirnya ) yaaaaa.. kita masuk kekota Surabaya....


Malam menunjukkan pukul 23.00, kota Surabaya pada saat ituu sudah sepi, hanya sebahagian orang yang masih berkeliling ditengah kota. kami mencoba mencari hotel untuk tempat menginap.. dibantu dengan aplikasi online Traveloka kami mendapatkan hotel bintang 4. dan akhirnya  memilihh untuk menginap di Grand Darmo Suite. O iyaa..  Di Surabaya aku didatengin sama blogger kece dari Surabaya lohh..  Mba Swastika. Makasih yaa udah ngunjungin aku kehotel dan dikasih bingkisan..  Kutunggu kedatanganmu di Semarang ya mbaa. 



GrandDarmoSuite hotelnya bagus, so far begitu memasuki hotel aku tertarik dengan desain yang minimalis. Aku memilih  menginap dikamar Deluxe. kamarnya cantik, kental dengan susana purple yang romantis. 


Hanya sayang kamarnya termasuk kecil dibandingkan dengan hotel lainnya yang deluxe berbintang 4. Dan satu lagi yang aku sayangi di hotel itu, meja toiletnya rusak. Kondisi meja yang lepas dari lemnya, sehingga kalau kurang berhati-hati bisa tersangkut di meja hotel dan bisa menimbulkan luka. Oh iya untuk sarapannya aku suka, hanya karena menbawa anak-anak dan anak diatas 5 tahun kena charge @75.000 per orang, jadi aku dan keluarga memilih untuk sarapan di depan hotel aja,
Selesai sarapan kami merencanakan untuk berenang, yang namanya anak-anak kalau menginap dihotel pasti tujuan utamanya ingin berenang, tapii begitu sampai dikolam renang, tidak ada kolam untuk anak-anak. Kolamnya indoor dan hanya untuk ukuran dewasa saja. Kedalamannya kalau tidak salah diatas 1 meter.. Akhirnya anak-anak meminjam pelampung kepada petugas hotel.
Oke... cukup satu malam menginap disini...

Siang pukul 11.30 kami check out hotel dan langsung jalan-jalan mengelilingi kota Surabaya, kita makan siang di Ayam Goreng Pemuda, rempah-rempah ayamnya sangat terasa, dan rasanya juga lezat. Seharian putar-putar kota Surabaya, 








akhirnya kita memutuskan untuk menginap didekat mall Tunjungan Plaza. mencoba booking swiss bell hotel via Traveloka, ternyata full book. Sebenarnya aku dan keluarga sangat suka menginap di SwissBell, karena beberapa kali menginap disana dengann kota yang berbeda selalu merasa puas dengan fasilitasnya. ( pernah di SwissBellHotel Jayapura dan Bali). Tetapi karena full akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Hotel Tunjungan.



HotelTunjungan merupakan hotel yang cukup lama berdiri dikota Surabaya, dilihat dari bangunan hotel dan fasilitas kamarnya. Tapi hotel ini cukup unik. Kamarnya lebih luas, dan tempatnya sangat strategis ditengah kota Surabaya, serta dikelilingi oleh mall kota Surabaya. kolam renangnya cukup luas dan Bagus,  serta ada pemisah berupa pagar untuk kolam renang anak dan dewasa. Aku dan keluarga puas menginap disini. Terimakasih hotel Tunjungan Surabaya.

Check out disiang harinya kami berencana melanjutkan travelling kami sambil menuju arah pulang ke Jawa Tengah. Tapi sebelumnya kami melakukan perjalanan ke pulau Madura, mumpung masih di Surabaya, kapan lagi kita bisa melewati jembatan Suramadu. 


Satu jam perjalanan ke Madura, kita mencari makanan khas madura yaitu Bebek.. ada RM. bebek yang sangat terkenal dikota madura tetapi tempatnya sangat ramai, dan untuk makan saja kita harus mengantri sampai berjam-jam. akhirnya kita memilih rumah makan yang lainnya yaitu Bebek Songkem. Songkem berarti kukus, jadi menu utamanya adalah bebek kukus, tapi disini juga dijual bebek goreng dan ayam goreng atau ayam songkem.. Bebeknya enak, empuk dan tidak amis. rasanya Juara....

Siang hari dari Madura, kami melanjutkan perjalanan menuju Jombang. sampai dikota Jombang sekitar pukul 18.00 . Karena sudah cukup malam dan lelah, akhirnya kita memutuskan untuk menginap di Jombang. kita menginap dirumah seorang Ustad. yang kebetulan Ustad tersebut adalah guru kamj disaat tinggal di Timika Papua. Beliau juga mempunyaii pesantren dirumahnya yang  bernama Majlis Ta'lim Roudlotul Falakiyah didaerah Cukir Diwek Jombang. pendirinya adalah Ustad. Khoirul Anam.





Jombang terkenal dengan kota santrinya. Kotanya bersih dan terlihat nyaman. Disepanjang jalan terdapat pesantren-pesantren santri berjejer.. Wajar dinamakan sebagai kota santri, karena terkenal dengan Pesantren Tebu Ireng yang didirikan oleh  KH. Hasyim Asy'ari pada tahun 1899. Selain materi pelajaran mengenai pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at, dan bahasa Arab, pelajaran umum juga dimasukkan ke dalam struktur kurikulum pengajarannya. Pesantren Tebuireng telah banyak memberikan konstribusi dan sumbangan kepada masyarakat luas baik, terutama dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia. (dikutip dari wikipedia.org).







DiJombang kami menyempatkan untuk berziarah ke makam KH.Hasyim Asy'ari dan GusDur disana. perjalanan dari pintu masuk sampai ke pemakaman cukup jauh, tapi tidak terasa lelah karena disepanjang jalan terdapat banyak kios-kios penjual berbagai souvenir dan makanan.




Hari ke 4 kamk melanjutkan perjalanan dari Jombang menuju Nganjuk- Madiun - Ngawi - Sragen - Solo dan ending di Semarang. Perjalanan di kota - kota tersebut, kami hanya menikmati pemandangan kotanya saja, hanya menyempatkan makan di Ngawi, ada rumah makan yang menghidangkan masakan khas Jawa. Selesai makan kita lanjutkan perjalanan, disepanjang jalan terdapat hutan pohon jati yang sangat indah, namun karena jalanan yang tidak bagus dan berlobang, jadi kami memutuskan untuk terus melanjutkan perjalanan sampai di Solo.
Waktu Magrib alhamdulillah kami tiba di Solo, dan kami menyempatkan untuk mampir dirumah seorang Habib yang bernama Habib Umar al Habsy. 


Memang dari awal perjalanan kami, niat utamanya dalah travelling dan silaturahmi. Jadi begitu ada kesempatan untuk silaturahmi, akan kami pergunakan sebaik mungkin.
Jam menunjukkan pukul 19.10 wib. kami memohon pamit kepada Habib dan melanjutkan perjalanan kembali menuju Semarang. Awalnya kami ingin menginap semalam lagi di Solo, tapi mengingat keesokan harinya anak-anak harus sekolah, jadi kami memutuskan untuk lanjut menuju Semarang.
Tiba di Semarang pukul 23.30.. wah kok lama yaaaa.. iya memang cukup lama karena jalanan yang macet akibat arus balik liburan, dan yang bawa mobil adalah si Ibu yang lupa pake kacamata.. terpaksa deh perjalanan hanya ditempuh dengan kecepatan max 100km/jam ..

Alhamdulillah kita sampai di Semarang... tujuan terakhirku adalah kasurrrrr... yaaa kasur..
capek loh nyetir malam tanpa kaca mata.. sampai dirumah tanpa membereskan mobil, langsung ganti baju dan masuk kamar... Time to Sleep... 
Begitulah perjalanan liburan kami yang singkat tapi sangat menyenangkan.

Bye... terimakasih sudah menyimak perjalanan panjangku selama 4 hari di Jawa Tengah dan Jawa Timur... Tungguin next trip ke Bali yaaaa *ngarep.. xixiix

Assalamualaikum..
Love
Novia