Tembagapura ....Kangen... Bangett sama tempat ini!!

Hidup berpindah - pindah tempat itu merupakan suatu tantangan dan kesenangan didalam diriku.  Karena setiap akan pindah,  pasti rasa cemas,  senang campur aduk semua.  Harus memulai dari awal lagi untuk penyesuaian,  baik tempat,  cuaca bahkan dengan penduduk sekitar. 
Tapi itu adalah challenge yang mesti di jalanin.  Kalau bisa melewatinya,  wahhh rasa puas yang luar biasa dapat diciptakan..



Lahir di Bandung,  besar di kota kelahiran lalu pindah ke Padang - pindah ke Pekanbaru - pindah ke Batam - pindah ke Jakarta - pindah ke Timika Papua - dan sekarang pindah ke Semarang.



Sekian kota yang pernah ditinggali maka sekian banyak juga watak masyarakat yang dapat dipelajari.  Tak luput dengan kebudayaan yang beragam yang membuat kita semakin tahu bahwa Indonesia ini begitu kaya,  begitu cantik dengan alamnya dan begitu menawan dengan penduduk sekitarnya.  Jangan lupa dengan begitu beragam dengan hidangan makanannya.



Kali ini artikel yang aku tulis adalah teman tentang sesuatu yang dikangenin, temanya diberikan oleh Mba Rizka Alyna dan Mba Alley H . Artikel ini merupakan arisan periode ke tiga dari komunitas GandjelRel.



Sebenarnya kalau kangen, aku kangen dengan dua tempat yaitu Kuala Kencana Timika dan Tembagapura. Tapi saat ini aku mau nulis tentang Tembagapura dulu yaa... yang Kuala Kencananya menyusul di artikel berikutnya..



Lanjut cerita yaaaa
Dari sekian kota yang pernah aku tinggali,  ada satu tempat yang sangat membuatku kangen ingin kembali lagi kesana. 
" Tembagapura ".



Tahu dengan Tembagapura?  Nama ini tidak familyar di masyarakat awam.  Karena ini adalah sebuah kota tambang yang terletak di pegunungan Jayawijaya Papua.  Tidak semua orang bisa datang ke kota ini,  karena bisa dikatakan bahwa ini adalah kota steril. 


Tembagapura adalah kota tambang yang dibuat oleh PT. Freeport Indonesia.
Tembagapura dijuluki juga sebagai kota tambang yang namanya Negeri Diatas Awan..



Tembagapura itu terletak di pegunungan Jayawijaya, jadi otomatis suhu disana sangatlah dingin. Biasanya kalau pas ke Tembagapura, kita harus pakai baju ganda, jaket tebal, kaos kaki tebal, kupluk dan sepatu boot. Suhunya berkisar dari 10' C - 20'C. Apalagi kalau sudah siang menjelang sore dan malam, wahhh dinginnya sangat mencekam.


Kota Tembagapura juga disebut dengan kota hujan, karena setiap saat pasti saja hujan, so jangan lupa bawa payung ya kalau disana. 


Di Tembagapura tidak diperkenankan menggunakan mobil pribadi layaknya dikota - kota besar.



Kendaraan yang boleh melintasi hanyalah kendaraan tambang, jadi warga sekitar hanya bisa berjalan - jalan menggunakan bus karyawan yang memang sudah disiapkan oleh perusahaan secara cuma - cuma alias gratis.. 



Segala fasilitas di Tembagapura bisa dikatakan gratis, dari makanan khusus karyawan yang juga dibolehkan untuk keluarga asalkan memiliki ID Card, bus gratis, fasilitas umum seperti kolam renang, sport hall yang gratis, fitnes centre dll. 



Kalau tinggal di Tembagapura anggap aja lagi nabung untuk belanja pas lagi pulang kampung. xiixixi
Tapi kalau mau belanja keperluan, disana hanya ada satu jenis supermarket, yaitu Hero swalayan. Jadi cukup boros yaaa kalau belanja disana, karena gak ada alternatif tempat belanja lain. 

Kota Tembagapura view nya sangat cantik, namanya juga Negeri diatas awan. Untuk pergi ke Tembagapura aja harus menggunakan helikopter atau menggunakan bus karyawan yang sudah dilapisi dengan anti peluru.



Kalau menggunakan helikopter perjalanannya cukup 15 menit saja. Helikopter disana disebut dengan Chopper.






Sedangkan kalau menggunakan bus karyawan perjalanan menempuh kurang lebih 2 - 3 jam perjalanan. Cukup lama dan membosankan, karena bus nya sudah dilapisi dengan anti peluru dan tidak bisa melihat pemandangan keluar.



Tapi kalau aku sih sukanya pulang pergi pakai Chopper.. gak perlu lama - lama udah sampai deh...



Uniknya disana, di tambang bawah tanah sudah ada dibangun Mesjid dan Gereja yang letaknya berdampingan. Jadi bagi pekerja yang di bawah tanah apabila ingin beribadah tidak perlu jauh - jauh mencari tempat, karena sudah disiapkan khusus untuk mereka.



Kota ini sangat cantik, namanya juga dipegunungan so jalannya naik turun seperti lagu naikk naikk kepuncak gunung tinggi tinggi sekali...



Banyak pohon cemara dan jalannya bebatuan, alias tidak ada aspal halus sama sekali.



Aku jamin deh kalau sudah pernah kesini, pasti nagih pingin balik lagi.. nah kalau mau lihat foto foto yang lebih cantik bisa check di fb ku ya http://www.facebook.com/noviadomi
byeee...
Begitu cantiknya yaa Negeri Papua.. I love Papua ...




Love
Novia