Mie Ayam ala Cheff Novia Domi

Disaat Bulan Ramadhan itu suka malas banget makan nasi,  bukan bermaksud diet yaaa..  Tapi memang kayak gak selera makan nasi.  Maunya cuma makan kurma,  makan gorengan sama minum es yang banyak.. 

Karena dari awal Ramadhan sampai kemaren gak tersentuh sama sekali dengan nasi,  terpaksa deh menyiasati gimana supaya masuk juga nihh karbohidrat.  
Akhirnya iseng - iseng cari referensi tuk buka puasa..  Terbesitnya si mie yang seksehh..  Mie ayam.. 




Karena memang aku itu salah satu orang yang bisa nolak kalau disodorin mie..  
Mie apapun itu asalkan jangan mienjem makanan orang lain yaaa..  Xixixiix

Nah kemarin aku iseng nih tanya mbah gugel,  apa aja sih resep mie ayam..  Dan rata - rata semuanya sama caranya,  cukup bawang merah,  bawang putih dan teman - temannya..  
Tapii karena aku maunya ala ala cheff Novia Domi jadi yaaa aku kira kira aja sendiri..

Kalau mie nya,  aku beli mie telor yang memang sudah jadi.  So tinggal rebus.  Mie anti pewarna n pengawet..  Jadi aman sejahtera untuk dikonsumsi.. 
Berikutnya aku siapin dada ayam yang sudah direbus dulu sebelum dimasak,  lalu dipotong dadu.  Dan aku juga pakai ceker ayam..  
Kalau mau bisa juga ditambahin jamur..  Bagi yang suka yaaa..  Kalau gak suka,  aku gak paksa kok..  *LOL


Bumbunya adalah :
  1. Bawang merah +-8 siung 
  2. Bawang putih +- 5 siung
  3. Jahe 1 ruas jari
  4. Lengkuas 3 ruas jari
  5. Lada putih seujung sdt
  6. Ketumbar 1sdt
  7. Asam kandis 1 buah
  8. Daun salam 3 lembar
  9. Daun jeruk 2 lembar
  10. Sere 1
  11. Kecap manis

Caranya :
Bahan no 1,2,3,5 dan 6 digiling sampai halus.  Lalu direbus dengan ayam dan ceker tadi.  Masukkan daun - daunnan.  Diamkan sampai matang dan keluar sedikit minyak dari hasil rebusan tadi.  Jangan lupa masukkan kecap manis sesuai selera,  tambahkan seujung sdt gula pasir sebagai pengganti penyedap rasa dan rasakan garamnya. 


Setelah ayamnya matang,  sisihkan deh ke mangkuk saji.. 
Lalu siapkan topingnya.  Nah kalau aku kemarin pakai topping pangsit rebus sama pangsit goreng.  
Kalau pangsit goreng,  aku hanya menggoreng kulit pangsitnya aja..  *kulit pangsit cari di supermarket yaaa..




Nah kalau pangsit rebusnya,  aku pakai kulit pangsit yang diisi dengan ayam yang tadi dimasak.  Tinggal bungkus lalu rebus sebentar..  Yummyyyyy

Siapkan juga bahan - bahan lainnya..  

  • bakso yang sudah dibuat kuahnya dengan bumbu bawang putih dan lada yang di gongseng sampai harum lalu rasakan garamnya.  
  • sayur sawi yang direbus sebentar saja
  • daun bawang
  • acar timun bagi yang suka
  • sambal yang dibuat sendiri dari cabai rawit merah an bawang putih, ditumis dengan sedikit minyak goreng dan disiram dengan air bakso.
  • kerupuk pangsit yang goreng sendiri dari bungkus pangsit


Setelah siap semua bahan baru deh ditata sedemikian rupa supaya cantik dan enak untuk dimakan...

*sebenarnya ini bukan foto mie ayam kemarin yangg buat sendiri, soalnya baru kelar disusun dengan toping yang banyak, ehhh langsung diserbu sama bocah n bapaknya anak - anak. Jadi foto mie ayam yang ada aja yaaaa..xixii

Selamat mencoba..

Love
Novia