Makna Idul Fitri dan makna Masakan Lebaranmu 😘

Hiiii.. sudah selesai Ramadhan lanjut donk kita Lebaran.. Saling silaturahmi sesama sanak saudara, sama teman - teman, dan tetangga juga gak ketinggalan yaaa..
Lebaran atau juga Idul Fitri itu ada artinya lohhh...
Yang pertama berasal dari kata Id yang berartikan kembali
Yg kedua Fitri yang berartikan makan
Jadi dianjurkan untuk sebelum melaksanakan shalat idul Fitri untuk makan terlebih dahulu. 



Oh iya..Ngomong - ngomong soal makanan, kita mesti nih bahas tentang makanan yang selaluu ada di menu Lebaran..
Menurut kamu Makanan apa aja sih yang wajib ada di menu lebaranmu?

Kalau aku ya wajib ada ketupat.. Sayurnya bebas, bisa opor ayam, gulai buncis, tauco atau sayur lainnya, dan tak pernah ketinggal es.. es buah atau sejenisnya..

Lebaran kali ini kebetulan yang masak hampir semuanya aku loh.. Tapi kalau ketupat mah dipesan aja, capek cyin masaknya.. 
Menu lebaranku kemarin adalah ketupat dengan opor ayam, sambal ati, rendang paru dan ice cincau.. tak lupa berbagai macam kue lebaran hasil karya kakakku..xxixixi


Nah aku mau cerita nih tentang sesuatu yang berkesan di moment Lebaran saat pulang kampung kemarin..
Yang berkesan disaat lebaran kemarin adalah, aku hampir setiap hari belanja ke pasar, hampir tiap hari didapur masak dari pagi sampai sore, dan hampir tiap hari aku gak nyicipin masakanku..
Tapiii sayangnya udah capek - capek aku masak untuk lebaran, aku tidak bisa ikut merayakan lebaran dirumahku sendiri.. 
Memang sih dari awal aku dan suami punya perjanjian kalau lebaran kita harus gantian merayakannya, setahun sekali dirumahku dan tahun berikutnya di rumah suami.. Nah kebetulan kali ini jadwalnya dirumah suami, jadi pas malam takbiran kita ngungsi rame - rame ke kampung pak suami.. Tapi seru sih karena bisa merasakan lebaran di tempat yang berbeda.


Oke walaupun aku tidak lebaran dirumah mamaku, tetep donk aku harus merasakan masakanku dulu Jadi pas malam takbiran, aku mengundang saudara - saudaraku untuk datang kerumah dan menyicipi masakan lebaran. Yaaa kita lebaran duluan yaaaa, yang lain mah pada takbiran nah keluargaku malah pada makan - makan... "dilarang protes yaaa, tukang masak wajib mencicipi masakannya sendiri..

Dan ternyataaa... wahhh masakanku enakk... dan laku loh. Dimeja makan sudah terpampang Ikan Gurame acar kuning, Opor Ayam, Rendang Paru, Sambel Hati ayam, Kerupuk Udang, Sambel Ikan Asin.. Wah lengkap banget deh menunya, dan ternyata semuanya lahap memakan menu masakanku... Ihhh senengnya, gak sia - sia masak tiap hari dari pagi sampai sore ternyata hasilnya memuaskan.. Sippp lah kalau gini mah bisa bikin cathering sendiri... Terima menu Lebaran,.. xixix "cita-cita mah boleh ya gak setinggi langit..



Tapi benar loh, aku itu suka masak. Asalkan mood hariku baik saatt itu, tanpa mencicipi masakannya dan hanya menyium dari aromanya aja, aku bisa tau rasa itu pas atau tidak.. Kalau kata kakakku aku punya hidung ajaib. *cieee terbangggg

Buatku kalau kita masak sepenuh hati, dengan ikhlas dan tidak lupa selalu shalawat kepada baginda Rasulullah SAW, InsyaAllah hasil dari masakan kita itu uenakk tenan..



Selain ikhlas dan shalawat, masakan itu harus diberi bumbu yang luar biasa.. Kenapa aku bilangnya luar biasa??
Karena setiap bumbu yang baik dan berkwalitas, itu juga bisa membuat cita rasa masakan jadi super lezat..

Aku bukan tipe orang yang suka dengan bumbu instant dan msg.. Sebisa mungkin aku masak menggunakan bumbu - bumbu asli dari tanaman dan semuanya murnii tanpa msg.. Selain tidak sehat kalau kita mengkonsumsi msg, tapi juga memiliki efek jangka panjang ke jaringan otak kita yang menimbulkan hasil yang tidak baik..



Oke... aku kasih tau bumbu paling wajib di masakanku...
Eng ing eng...... yang paling penting untuk membuat masakan enak adalah Si Jahat Bawang Merah...
Kenapa sih Bawang merah selalu menjadi tokoh yang jahat? Padahal tanpa Bawang merah, masakan itu terasa hambar loh... Aku mah cinta banget lah sama si Bawang Merah..
Kalau dikirimin berkilo - kilo juga bakal aku terima dengan senang hati.. hihihi

Intinya disetiap moment Lebaran itu, aku wajib masak.. Mau Lebaran di rumah sendiri dan tidak mudik. Atau lebaran pakai mudik,... tetap tukang masaknya adalah dirikuh...



Minal Aidzin wal Faidzin.. Maafkan Lahir dan Bathin... Selamat atas hari Kemenangan..

Love
Novia