Self Love - Mencintai Diri Sendiri

/ Juli 01, 2020
Ada pepatah yang mengatakan.. " Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu Sendiri"

Pertanyaannya adalah?
Apakah kita sudah mencintai diri kita sendiri?
Hanya kita yang bisa menjawab. 

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri "Self Love" . Mungkin dengan cara merawat wajah, badan, memberi award pada diri sendiri dan masih banyak cara lainnya.. 
Tapi terkadang tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Dan jangan lupa untuk bisa mencintai diri sendiri kita juga butuh adanya support system dari lingkungan sekitar terutama keluarga terdekat. 

Saat ini aku tidak ingin membahas orang kebanyakan diluar sana, tapi aku ingin membahas diriku sendiri. 

Apakah aku sudah mencintai diriku sendiri?
Jawabannya Sudah....


Aku bukan tipe orang yang melakukan banyak hal untuk mencintai diri sendiri, cukup dengan melakukan sebahagian hal yang aku suka dan memberi hadiah pada diriku. 

Contohnya saat ini aku sangat suka dan menikmati bekerja bersama suamiku. 
Yaa memang itu yang aku cita-citakan dari dulu. Bisa bekerja satu kantor, memulai usaha berdua, bisa menjalankannya berdua sebagai team. 

Dengan hasil kerja keras itulah aku akan memberi reward untuk diriku sendiri dan keluarga sebagai rasa cinta. 
Aku akan membeli barang-barang yang memang dibutuhkan tapi dengan nilai yang cukup lumayan dan memberikan hadiah-hadiah istimewa untuk seluruh keluarga.. 

Contohnya aku seorang yang penggemar tas dan sneakers. 
Aku akan membeli barang-barang itu dengan budget yang lumayan tapi memang sangat dibutuhkan. Dengan cara itulah aku memberikan hadiah pada diriku sendiri sebagai wujud mencintai diri sendiri. 

Yaa sebenarnya banya cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri. 

Aku kasih tips ya untuk kita bisa merawat diri dengan baik.. 
Tipnya adalah :
  • Perlakukan Diri Kamu Sebaik Mungkin. 
Kamu pasti tau kapan merasa salah dan kapan merasa benar, tapi alangkah baiknya jika kita bisa memilah lebih dulu dan tau harus seperti apa pada diri sendiri, jangan suka menyakiti diri apabila terjadi kesalah pada diri kita. 

  • Memaafkan 
Memiliki rasa marah pada diri sendiri sangat menguras energi yang nanti berakibat buruk untuk kita, lebih baik menjadi seorang yang pemaaf. Memaafkan kesalah orang lain atau diri sendiri tidaklah sulit. Cukup meyainkan diri kita sendiri bahwa kita bisa memaafkannya dan yakin kita akan baik-baik saja. Memaafkan adalah kunci hati dan pikiran kita untuk selalu positif. 

  • Lakukan Hal Yang positif
Cobalah setiap kegiatan yang kita ikuti mengarah kepada hal yang positif. Dengan banyaknya kegiatan diluar rumah belum tentu semua itu adalah hal yang baik. Kita harus pilah mana yang memang kita butuhkan dan mana yang hanya akan menguras tenaga kita saja. Apalagi kebanyakan nongkrong sana sini yang belum jelas maksud dan tujuannya, lebih baik dihindarkan. 

  • Lakukan Hal Yang Kita Sukai
Mungkin kamu adalah seorang yang menyukai olahraga, bisa itu berenang, main basket atau bersepedah. Yaa lakukanlah hal itu dengan rutin. Hal positif yang kita lakukan secara rutin bisa membuat hidup kita sehari-harinya merasa kebih baik. 

  • Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri
Seperti yang saya tulis diatas tentang memberikan award pada diri sendiri. Itu sangat diperlukan dan penting sebagai wujud bahwa kita benar-benar mencintai diri sendiri. Tidak selalu dengan membeli barang mahal. Award itu bisa diartikan apa saja, bisa juga dengan pergi liburan, perawatan diri dan masih banyak hal lainnya. 

Kembali lagi ke Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu Sendiri..

Dan...Cintailai Dirimu Melebihi Apapun Kecuali Tuhanmu..

Love 
Novia
Ada pepatah yang mengatakan.. " Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu Sendiri"

Pertanyaannya adalah?
Apakah kita sudah mencintai diri kita sendiri?
Hanya kita yang bisa menjawab. 

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri "Self Love" . Mungkin dengan cara merawat wajah, badan, memberi award pada diri sendiri dan masih banyak cara lainnya.. 
Tapi terkadang tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Dan jangan lupa untuk bisa mencintai diri sendiri kita juga butuh adanya support system dari lingkungan sekitar terutama keluarga terdekat. 

Saat ini aku tidak ingin membahas orang kebanyakan diluar sana, tapi aku ingin membahas diriku sendiri. 

Apakah aku sudah mencintai diriku sendiri?
Jawabannya Sudah....


Aku bukan tipe orang yang melakukan banyak hal untuk mencintai diri sendiri, cukup dengan melakukan sebahagian hal yang aku suka dan memberi hadiah pada diriku. 

Contohnya saat ini aku sangat suka dan menikmati bekerja bersama suamiku. 
Yaa memang itu yang aku cita-citakan dari dulu. Bisa bekerja satu kantor, memulai usaha berdua, bisa menjalankannya berdua sebagai team. 

Dengan hasil kerja keras itulah aku akan memberi reward untuk diriku sendiri dan keluarga sebagai rasa cinta. 
Aku akan membeli barang-barang yang memang dibutuhkan tapi dengan nilai yang cukup lumayan dan memberikan hadiah-hadiah istimewa untuk seluruh keluarga.. 

Contohnya aku seorang yang penggemar tas dan sneakers. 
Aku akan membeli barang-barang itu dengan budget yang lumayan tapi memang sangat dibutuhkan. Dengan cara itulah aku memberikan hadiah pada diriku sendiri sebagai wujud mencintai diri sendiri. 

Yaa sebenarnya banya cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri. 

Aku kasih tips ya untuk kita bisa merawat diri dengan baik.. 
Tipnya adalah :
  • Perlakukan Diri Kamu Sebaik Mungkin. 
Kamu pasti tau kapan merasa salah dan kapan merasa benar, tapi alangkah baiknya jika kita bisa memilah lebih dulu dan tau harus seperti apa pada diri sendiri, jangan suka menyakiti diri apabila terjadi kesalah pada diri kita. 

  • Memaafkan 
Memiliki rasa marah pada diri sendiri sangat menguras energi yang nanti berakibat buruk untuk kita, lebih baik menjadi seorang yang pemaaf. Memaafkan kesalah orang lain atau diri sendiri tidaklah sulit. Cukup meyainkan diri kita sendiri bahwa kita bisa memaafkannya dan yakin kita akan baik-baik saja. Memaafkan adalah kunci hati dan pikiran kita untuk selalu positif. 

  • Lakukan Hal Yang positif
Cobalah setiap kegiatan yang kita ikuti mengarah kepada hal yang positif. Dengan banyaknya kegiatan diluar rumah belum tentu semua itu adalah hal yang baik. Kita harus pilah mana yang memang kita butuhkan dan mana yang hanya akan menguras tenaga kita saja. Apalagi kebanyakan nongkrong sana sini yang belum jelas maksud dan tujuannya, lebih baik dihindarkan. 

  • Lakukan Hal Yang Kita Sukai
Mungkin kamu adalah seorang yang menyukai olahraga, bisa itu berenang, main basket atau bersepedah. Yaa lakukanlah hal itu dengan rutin. Hal positif yang kita lakukan secara rutin bisa membuat hidup kita sehari-harinya merasa kebih baik. 

  • Berikan Penghargaan Pada Diri Sendiri
Seperti yang saya tulis diatas tentang memberikan award pada diri sendiri. Itu sangat diperlukan dan penting sebagai wujud bahwa kita benar-benar mencintai diri sendiri. Tidak selalu dengan membeli barang mahal. Award itu bisa diartikan apa saja, bisa juga dengan pergi liburan, perawatan diri dan masih banyak hal lainnya. 

Kembali lagi ke Cintai Dia Seperti Kamu Mencintai Dirimu Sendiri..

Dan...Cintailai Dirimu Melebihi Apapun Kecuali Tuhanmu..

Love 
Novia
Continue Reading



Saat ini korban covid-19 semakin meningkat, begitu banyaknya warga yang belum paham harus bertindak dan berlaku seperti apa dalam mengatasi situasi virus seperti ini. 
Tapi dengan adanya sosialisasi dimana-mana seharusnya bisa membuat warga semakin sadar bahwa virus covid-19 sangat berbahaya. 

Mungkin diri kita pribadi belum bisa melakukan banyak hal untuk membantu pemerintah dalam mengatasi virus berbahaya ini, tapi alangkah baiknya kalau kita memulainya dari mempersiapkan diri dengan berbagai pertahanan pribadi. 

Contoh pertahanan diri yang kita bisa lakukan untuk pencegahan dan protokol kesehatan untuk  kita sendiri bisa dilakukan dengan cara: 
  • sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik
  • hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
  • hindari menyentuh bahagian muka terutama mata dalam keadaan tangan yang tidak bersih
  • hindari menyentuh hewan liar
  • selalu pergunakan masker atau tutup mulut
  • konsumsi vitamin atau suplement sesuai anjuran
Dengan cara diatas, kita akan cukup terhindar dari virus dan berusaha untuk tetap peduli dengan lingkungan sekitar. 

Saat ini diberbagai wilayah Indonesia sudah diberlakukan kondisi New Normal. Hal tersebut terpaksa dilakukan oleh pemerintah karena sudah hampir lumpuhnya perekenomian di Indonesia. Sangat disayangkan tapi tidak ada jalan lain selain kita tetap aware dan mengikuti protokol kesehatan selama wabah covid-19. 

Kondisi New Normal sekarang sudah banyak tempat-tempat umum yang dibuka, seperti tempat pariwisata, tempat pembelanjaan, dan bahkan ada beberapa sekolah yang sudah mulai beraktifitas. 

Didaerahku Sumatera Barat ada beberapa tempat wisata yang memang cukup ramai didatangkan oleh wisatawan, tetapi semenjak virus covid-19 mewabah tempat wisata tersebut tutup total.
Tetapi dengan adanya kondisi New Normal dan segala pertimbangan tempat wisata dikota ini  sudah dibuka kembali dengan tidak melupakan protokol kesehatan sesuai standartnya. 
Bagi wisatawan yang ingin masuk ketempat wisata diwajibkan menggunakan masker, kendaraan disemprot dengan desinfektan, tetap cuci tangan dan dibatasi pengunjung dalam setiap jamnya. 

Di wilayah kota tempat tinggalku tidak banyak tempat untuk meng check test covid atau rapid test. Tapi ada satu puskesmas di daerah Ibuh Payakumbuh Sumbar yang sudah ditunjuk sebagai tempat rapid test terdekat rujukan pemerintah. Disana kita akan dilayani sesuai prosedur keselamatan covid-19. 

Saat pandemik ini, aku termasuk orang yang cukup menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, kami selalu menghindari pergi keluar rumah apabila memang tidak begitu diperlukan. Apapun yang selama masih bisa dilakukan dalam rumah, akan kami lakukan dirumah saja. Termasuk konsultasi tentang kesehatan. 

Alhamdulillah sekarang sudah ada situs untuk bertanya secara langsung dengan dokter melalui online. Situs Halodoc sangat membantu saya sebagai orang tua apabila ada keluhan kesehatan pada anggota keluarga. 

Cara konsultasi di situs Halodoc sangat mudah, kita tinggal membuka situsnya dan ada laman chat dokter sekarang. Kita bisa chat dengan dokter yang standby dan ceritakan keluhan apa yang sedang kita alami saat ini. Dokter akan menjawab sesuai keluhan kita beserta solusinya. Situs ini  sangat membantu dan memudahkan kita apalagi disaat kondisi pandemik seperti ini. 


Banyak juga artikel tentang kesehatan di situs Halodoc yang sangat membantu kita untuk mencari informasi dan solusi dalam kesehatan. 

Sabagai warga yang sadar akan keselamatan, hindari keluar rumah, lakukan apapun secara online selama itu bisa, Jaga jarak dan selalu patuhi peraturan dan protokol kesehatan. 

Sehat selalu dan tetap waspada akan wabah covid-19.

Love
Novia







Buku itu adalah guru yang tidak pernah marah. 
Melalui buku kita bisa banyak belajar dan mendapat berbagai ilmu pengetahuan dengan mudah. 

Buku hanya bisa kita baca dan kita perhatikan, tapi dia tidak bisa menjawab kita dengan suara.. 
Tapi dengan adanya buku, kita menjadi mudah untuk mendapatkankan informasi atau cerita yang kita butuhkan. 

Tapi sayang, saat ini sangat sulit untuk menumbuhkan minat baca buku kepada anak-anak.. 

Yaaaa.. baca juga tidak selalu harus dari buku. mungkin bisa dari internet berupa artikel online, blog dan berita tertulis lainnya. Tetapi karena memang minat baca itu sendiri yang semakin berkurang, maka buku sudah tidak menjadi primadona lagi saat ini di toko-toko buku. 
Orang sekarang lebih tertarik untuk membaca online dibandingkan membaca langsung pada buku. 

Aku dan suami yang memang sama-sama suka membaca buku dan senang memiliki buku secara fisik, punya trik untuk anak-anak agar mereka bisa memiliki minat membaca yang tinggi. 

Memang awalnya tidak mudah, tapi lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan bahkan membuat anak-anak seperti ingin dan ingin lagi memiliki buku baru. 

5 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak ala Novia Domi

  • Rajin membacakan buku cerita atau buku ilmu pengetahuan pada anak disaat mereka masih kecil
Banyak yang bilang kalau masih kecil itu anak-anak tidak mengerti apa-apa. Jadi percuma kalau dibacakan buku.. 
Salah Besar...

Bahkan sebelum anak kita lahir kedunia, kita harus sudah mengajaknya berinteraksi, baik itu membacakan buku, bercerita dan bahkan mengaji. Hal itu dilakukan untuk memancing stimulasi otak anak selama masa kandungan dan akan dibawa hingga anak tersebut lahir di dunia. Hal ini juga selalu dibahas dalam ilmu parenting oleh pakarnya. 

Rata-rata anak yang lahir di dunia dengan IQ yang cerdas adalah anak yang semenjak dikandungan sering beritnteraksi dengan kedua orang tuanya. 
Jadi jangan lupa untuk membiasakan membaca mulai dari anak masih didalam kandugan Ibu ya..

  • Rajin Mengajak Anak ke Toko Buku
Biasanya aku dan suami punya jadwal khusus untuk mampir ke toko buku.. Bisa 1 sampai 2 kali dalam satu bulan. Dan kita juga punya budget khusus untuk membeli buku. 

Maka moment ke toko buku inilah yang bisa kita manfaatkan kepada anak-anak untuk mereka memilih sendiri buku yang mereka suka dengan referensi dari orang tuanya. 

Mungkin anak yang masih berumur dibawah lima tahun bisa diajak membeli buku yang lebih banyak gambar dan kertasnya lebih tebal sehingga tidak mudah sobek. Sedangkan anak yang lebih besar bisa dipandu untuk membeli buku tentang ilmu pengetahuan seperti kisah-kisah Nabi atau sains.
Mereka akan sangat senang sekali apabila diberi kebebasan dan kepercaan untuk memilih bukunya sendiri. Anak-anak akan bangga dengan buku-buku yang mereka miliki. 

  • Tumbuhkan Tempat yang Nyaman

Membaca itu membutuhkan kenyamanan dan ketenangan. Apabila tempat kita membaca sangat ribut dan tidak nyaman, pasti kita akan malas untuk berada disana dan malas membaca ditempat seperti itu. Sebaliknya apabila kita punya tempat khusus membaca yang nyaman, bersih dan sunyi pasti kita akan senang meluangkan waktu khusus untuk tetap berada ditempat itu dan bisa membaca dengan tenang.

sudut baca yang tenang

  • Membiasakan Mengulas Kembali Isi Buku
Terkadang anak-anak itu sungguh sangat kreatif dan kritis. Mereka akan senang apabila buku yang telah selesai dibacanya bisa dibahas bersama orang tua dan dicari kesimpulannya.. Anak-anak itu akan banyak berimajinasi, sehingga mereka pasti akan memiliki 1001 pertanyaan yang ingin diberikan kepada orang tuanya untuk didiskusikan. Jadi sebagai orang tua juga harus siapkan ilmu yang cukup ya untuk membahas setiap buku anak. 

  • Berikan Contoh
Sebenarnya ini adalah point yang paling penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Anak-anak itu memiliki sifat peniru yang mana sesuatu yang dilakukan orang tuanya, pasti mereka juga ingin melakukannya. 

Contohkan dirumah bahwa kita sebagai orang tua juga suka membaca, jika perlu kita selalu meluangkan waktu membaca didepan mereka dan membahasnya.. perlahan anak-anak pasti akan meniru apa yang kita lakukan. Biasanya mereka akan bertanya-tanya terlebih dahulu, apa saja buku yang biasa kita baca, bagaimana isinya dan menarik atau tidak. 

Apabila anak-anak sudah memiliki berbagai pertanyaan tentang kebiasaan orang tua dalam membaca, maka di moment itulah kita bisa mulai memperkenalkan dan mengajak perlahan anak-anak dengan membaca. 

Jadi sebagai orang tua jangan lupa ya untuk selalu mengajak anak membaca dan selalu membaca..

Love
Novia 


Self Healing merupakan proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. 
Metode ini dilakukan saat seseorang menyimpan luka batin yang cukup mengganggu emosi pada dirinya. Self healing juga dapat berakibat kelelahan pada emosi seseorang. 

Sebahagian seseorang pernah mengalami kelelahan bathin pada dirinya, baik itu sedih yang berlebih atau bahkan perasaan yang membuat sangat tidak nyaman. 

Mungkin sedih berlebih itu disaat kita merasa kehilangan sesuatu atau orang yang sangat disayang. Saya pribadi pernah mengalami itu. Luka bathin yang sampai saat ini sulit untuk dihilangkan adalah disaat terakhir kalinya saya menerima telepon dari Papa..

Yaaa. hari itu 27 Juli 2007 pukul 17.30 saya menelepon papa yang berada diluar kota. Tepatnya di Batam sedangkan saya di Jakarta. 
Karena papa sedang sakit dan kita berjauhan, saya cukup sering telepon beliau agar bisa menghiburnya. Saat itu saya masih dikantor dan belum mau beranjak untuk lanjut ke kampus. 
Kangen...
Hanya itu perasaan saya pada papa...

Perbincangan kami cukup panjang, dari curhat gimana kerja seharian yang melelahkan, gimana kuliah saya yang setiap malam dan berulang setiap harinya, dan bagaimana saya harus melanjutkan hidup sendiri di Jakarta, serta masih banyak lagi yang kami bahas di telepon di hari itu. 

Sebelum telepon saya tutup, tiba-tiba papa nangis.. Terucap dari bibirnya


"kamu pulang ya hari ini ke Batam, papa kangen banget... satu hari aja, dan besok kamu balik lagi ke Jakarta untuk kerja"...


Jawaban saya, maaf pa...hari ini Novi gak bisa pulang, kerjaan Novi lagi banyak..Novi harus bikin laporan akhir bulan. InsyaAllah awal bulan Novi pulang ke Batam ya pa..Besok Novi booking tiket pesawatnya..

Beliau tetap nangis dan tetap memohon supaya saya bisa pulang.. Tapi jawabannya tetap sama.. "gak bisa pa" maaf....

Telepon saya tutup dan seperti biasanya saya membereskan meja kerja lalu beranjak untuk menuju kampus. Perjalanan dari kantor ke kampus tidaklah jauh, jadi saya bisa mepet waktu kalau mau kuliah.. 

Malam itu suara tangis papa selalu terngiang ditelinga dan pikiranku.. merasa sangat bersalah karena gak bisa memenuhi permintaannya.. Tapi saya menghibur diri sendiri dengan berkata, sebentar lagi juga pulang kok ke Batam.. Tinggal beberapa hari lagi.. Sabar ya papa..

Keesokan hari saya kembali bekerja seperti biasanya, tidak ada yang berubah..
Sama..
Pagi kekantor, jam 9 saya harus keluar kantor untuk bertemu klient, sore kembali kekantor dan berbincang-bincang dengan kerabat dikantor...
Ledakan tawa saya dan teman-teman cukup membuat ruangan itu rusuh... alias berisik.. hihi yaaa namanya juga udah capek seharian kerja, boleh lah ya bercanda sama teman-teman kantor..

Di jam yang sama dengan kemarin saat saya telepon papa, handphone saya berdering.. Kali ini namanya Feni.. yaa dia kakak perempuan saya yang tinggal di Batam dengan papa.. 

Saya mengangkat teleponnya dengan nada bercanda.. tapi ternyata diujung sana bukan kak Feni, melainkan mama..

Mama yang tiba-tiba nangis dan bilang "Novi sabar yaaaaa... Papa udah nggak ada"... Papa meninggal setelah shalat ashar...



Ya Allah.. dunia ini rasanya runtuh.. saya teriak sekuat mungkin dan handphone saya jatuh kelantai, tubuh saya lemas dan perlahan saya pun jatuh ke lantai.. 
Saya sudah gak tau apa mama masih ada di ujung telepon saya? yang pasti saya sudah dibantu teman-teman untuk duduk dan dipeluk oleh temanku dengan tujuan menguatkan..

Hari itu adalah hari yang sangat menyedihkan, hari yang membuat luka terdalam dalam diriku, bahkan sampai saat ini masih merasa menyesal dan menyalahkan diri sendiri, kenapa gak pulang ke Batam sehari sebelum papa meninggal.. disaat dia nangis-nangis meminta saya pulang, kenapa gak bisa mengabulkan permintaannya.. 

Permintaan terakhirnya..



Luka itu tidak akan pernah hilang didiriku.. Luka itu selalu ada, karena bersamaan dengan luka itu, saya tidak bisa melihat kembali senyum papa yang selama ini menemaniku..
Luka itu tidak pergi bersamanya... dan saya menyesal hingga sekarang. 



Untuk menyembuhkan perasaan bersalah yang mendalam, saya hanya bisa melakukannya kepada orang tersayang yang masih menemani sampai saat ini..
Mama...

Ya dialah orang yang akan selalu saya turuti kemauannya.. mulai dari hal kecil hingga yang besar.. Apapun yang beliau minta, selama saya bisa menurutinya..InsyaAllah akan selalu saya usahakan..

Saya tidak ingin memiliki perasaan menyesal untuk kedua kalinya.. 



Metode self healing yang saya lakukan hingga saat ini adalah selalu menghibur mama dan selalu menuruti permintaannya.. Dengan begitu saya bisa menyembuhkan luka dan mulai menghilangkan sedikit demi sedikit perasaan bersalah serta sedih yang mendalam.



Selain menghibur dan menuruti permintaan mama, saya juga selalu menekankan diri sendiri untuk selalu bahagia, dengan cara apapun.. Mulai dari memasak masakan kesukaan seluruh anggota keluarga, me time, ngopi, travelling dan stay cation dihotel.. 



Yaaa itulah metode self healing yang selalu saya lakukan untuk diri sendiri.. Selama saya merasakan bahagia, insyaAllah diri dan batin akan selalu sehat..


Cintai dirimu seperti kamu mencintai orang yang sangat kamu sayangi.. dan jadilah dirimu sendiri.

Love
Novia


Biar Gak Stres Saat di Rumah Aja, Mending Lakukan 5 Hal Ini Yuk!


 Sumber: pinterest.com

Kini penyebaran wabah virus corona sudah menjadi perhatian banyak orang di dunia. Penyebaran Covid-19 yang semakin cepat membuat pasien yang terinfeksi virus corona semakin melonjak. Berbagai negara bahkan telah menerapkan beberapa kebijakan, seperti anjuran untuk tetap tinggal di rumah saja. Kebijakan ini tentu saja sudah diterapkan di Indonesia.

Namun, kalau cuma berdiam diri saja di rumah tentu bakal membuat kita merasa bosan serta jenuh, bukan? Supaya kamu gak stres dan merasa bosan selama self quarantine ini, isilah waktu kamu buat melakukan beberapa kegiatan di rumah seperti 5 kegiatan berikut ini. Selain bermanfaat, kegiatan ini juga bisa menghibur kamu selama berada di rumah aja.

  1. Yuk, Bebenah Rumah

Sumber: pinterest.com

Mengemas rumah mungkin menjadi kegiatan yang merepotkan bagi sebagai orang. Apalagi jika banyak barang yang perlu diatur ulang. Namun, sebenarnya mengemas rumah bukan cuma sekedar menata kembali ruangan atau bersih-bersih saja. Tapi juga bisa membantu kamu menyortir barang mana yang masih terpakai dan tidak. Dengan begini, rumah kamu pun akan jadi lebih lenggang dan banyak ruang. Suasana rumah nya pun bakal lebih beda dan fresh. Rumah yang tampak bersih dan rapi pastinya bakal bikin si penghuninya betah berada di dalam rumah, dan bisa membuat kita lebih bebas untuk melakukan kegiatan yang lainnya dirumah.

  1. Tuangkan Kreatif Kamu dengan Membuat Kerajinan Tangan

Sumber: pinterest.com

Biar kamu ada kegiatan di rumah setelah mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas sekolah, cobalah tuangkan kreativitas kamu dengan membuat kerajinan tangan. Membuat masker dari bahan kain mungkin bisa menjadi opsi yang tepat, mengingat sekarang sedang ada wabah corona dan mengharuskan kita menggunakan masker setiap kali ingin keluar rumah. Daripada menggunakan masker yang sekali pakai langsung dibuang, lebih baik memakai masker kain yang bisa dipakai kembali. Saat ini sudah banyak berbagai tutorial cara membuat masker kain yang bisa kamu tengok di internet. Selain kreatif, ini juga berguna banget buat kebutuhan kalian.

  1. Hibur Diri dengan Streaming Video atau Film

Sumber: pinterest.com

Saat kamu merasa bosan, lakukanlah hal-hal yang bisa menghibur diri kamu. Salah satunya dengan menonton film atau video-video lucu di internet. Cobalah streaming film dengan genre yang kamu inginkan. Bukan cuma menyenangkan, kegiatan ini juga akan membuat kamu lupa dengan rasa bosan dan kesepian yang kamu alami. So, biar kegiatan streaming film atau video kamu jadi makin seru, pastikan koneksi internet Smartfren kamu stabil dan lancar, ya. Sehingga tidak mengganggu aktivitas nonton kamu dengan koneksi internet yang ngelag.

  1. Masak-Masak Yuk!

Sumber: pinterest.com

Bagi kamu yang hobi memasak, kegiatan satu ini bisa menjadi pengisi waktu kamu selama self quarantine. Cobalah buat makanan atau minuman yang sedang hits, misalnya dalgona coffee yang tengah viral saat ini. Atau membuat resep baru untuk menu makanan di rumah. Buatlah sesuatu hal yang bikin kamu lupa dengan rasa bosan kamu saat di rumah aja.
Apalagi saat bulan Ramadhan ini, kamu bisa eksplore berbagai macam resep baru yang akan disajikan saat berbuka puasa. 

  1. Video Call Bareng Teman Se-geng

Sumber: pinterest.com

Selama self quarantine pastinya kamu jadi jarang ketemu dengan teman-teman se-geng kamu, bukan? Nah, supaya kamu bisa melepas rasa rindu kamu dengan teman-teman. Ajaklah teman se-geng kamu buat video call bareng. Pasti banyak hal yang ingin kamu ceritakan ke teman-teman selama masa self quarantine ini. Jadi, inilah saatnya buat kamu curhat bareng teman se-geng dengan melakukan video call. Jangan lupa pakai earphone Sennheiser milikmu agar kegiatan video call-nya jadi lebih seru dan asyik ya!

Rasa bosan dan jenuh memang sering dialami oleh banyak orang, tapi kalau kamu melakukan kegiatan yang bikin kamu lupa dengan rasa bosan tersebut pastinya bakal bikin kamu enjoy selama self quarantine ini.

Love
Novia






Setiap tahun saat menuju Ramadhan adalah moment yang sangat dinanti. Banyak hal yang bisa lakukan disaat Ramadhan dan belum tentu bisa kita lakukan dibulan-bulan lainnya.

Ramadhan itu ibarat sesuatu yang sangat dirindukan, kalau bisa selama Ramadhan tidak ada satu halangan apapun untuk melaksanakan setiap kegiatannya.
Menurut aku ada beberapa hal yang paling aku rindukan dari suasana Ramadhan



  • Sahur Bersama
Aku termasuk orang yang seneng banget kalau makan tengah malem, hihihi.. Tapi kadang suka males kalau gak ada temennya. Nah karena moment Ramadhan ini se isi rumah pasti makan sahur khan, jadi ada temennya deh..




  • Berburu dan Memasakan Aneka Takjil
Sebenarnya tanpa moment Ramadhan pun aku selalu membuat berbagai macam cemilan dan takjil, tapi disaat Ramadhan ini rasanya berbeda. Karena kita masak pasti tanpa mencicipinya, jadi semua pakai perasaan. Perasaan udah pas atau belum ya? atau bahkan malah keasinan dan kemanisan.. Jadi disinilah seninya bikin aneka masakan dan takjil tanpa dicicipi hanya ada di saat Ramadhan..



Tapi kalau lagi malasnya keluar, kita bisa jalan-jalan sore  alias ngabuburit sambil hunting untuk buka puasa.. Seru deh..





  • Buka Bersama 
Biasanya sebelumm Ramadhan tiba, seluruh anggota group whatsup pasti sudah heboh untuk mengadakan moment buka bersama. Udah nyiapin tempatnya dimana, iurannya berapa dan bahkan kadang sampai ada peraturan boleh bawa anggota keluarga atau nggak.. Buat aku gak masalah sih kalau untuk membawa anggota keluarga ikut moment buka puasa bersama teman-teman lama.. ya sekalian aja sebagai ajang silaturahmi keluarga dan saling mengenal..

Tapi untuk saat ini cukup sedih ya, karena isu virus covid yang melarang untuk berkumpul-kumpul membuat kita tidak bisa merencanakan acara buka bersama. Termasuk keluarga sendiri pun kita gak bisa kumpul. Gak bisa pulang kampung untuk bertemu sama keluarga besar..







  • Buat Seragam Keluarga untuk Lebaran
Ya Allah sedih banget tahun ini kita gak bisa kumpul keluarga besar. Kami sekeluarga kakak beradik ada 6 orang, dan kami semuanya terpencar ada yang di Jakarta, Batam, dan Pekanbaru. Biasanya kita udah sibuk untuk cari bahan kain dan bikin seragam.. Bikin seragam selalu kita serahin ke Mama. karena Mama yang paling tau mau bikin apa dan ukuran baju kita semua gak berbeda jauh, jadi contohnya cukup satu baju mama aja tinggal disesuaikan.. Tapi tahun ini pasti gak ada moment itu. Moment cari kain sama mama ke toko-toko kain. moment datengin tukang jahit dan ngingetin untuk cepat selesai.. Kangen masa-masa itu. Masa-masa persiapan lebaran




  • Kumpul Lebaran dengan Keluarga Besar
Keluargaku termasuk keluarga besar, jadi kalau kumpul terkadang harus gantian ada yang naik kerumah Gadang ( istilah rumah adat di Miangkabau ) dan ada yang harus nunggu dirumah bawah untuk nantinya gantian naik kerumah Gadang.








Kita selalu kumpul di rumah Gadang mama untuk saling bersamalaman, makan-makan menu lebaran yang biasa kita buat.. Menunya sangat-sangat menggiurkan. Dari Ketupat dengan gulai tauco atau opor ayam, dipadukan rendang daging dan paru, sambal ati, sop ayam, dendeng balado dan lainnya.. masih banyak menu lebaran yang kita suguhkan untuk keluarga besar beserta kue-kuenya.



Semoga tahun ini masih bisa seperti itu.. Aamiin.



Sebenarnya masih banyak sekali yang aku rindukan dari suasana Ramadhan dan Lebaran. Tapi tetap moment kumpul keluarga lah yang paling kita rindukan.. Apalagi kalau sudah ada rencana nyate bareng.. sembelih kambing 3 ekor itu gak cukup untuk kita.. harus lebih lagi..hihihi



Happy Ramadhan Sista-Sista and Minal Aidin Wal Faidzin.. Maaf Lahir Bathin dari saya sekeluarga.



Love
Novia



























Banyak kasus yang ditemukan saat ini,terutama terjadi dilingkungan pendidikan. Kasus yang selalu terulang di berbagai daerah yaitu Bullying. 
Terkadang hal sepele bisa membuat anak kita menjadi target buli dari teman-teman di sekolah. 

pic by google
Contoh kasus yang memang pernah dialami sendiri oleh anak-anakku. 

Karena kebiasaan kami dahulu yang selalu pindah-pindah domisili, membuat anak-anak harus selalu pindah sekolah. Yang mana setiap pindah ke sekolah baru pasti akan ada hal baru yang disesuaikan, terutama bergaul dengan teman-teman barunya. Tetapi karena anak-anak yang apabila baru mulai berteman, biasanya mereka lebih banyak diam daripada berinteraksi. Disitulah yang membuat anak-anakku menjadi target bullying oleh teman-teman disekolahnya. Diam itu tidak selalu berarti baik. Diam itu terkadang bisa membawa keburukan bagi anak-anak, yaitu target bullying. 

Biasanya anak-anak disaat pulang sekolah selalu cerita apa yang mereka lakukan selama berada disekolah. Tapi saat itu berbeda. Begitu sampai dirumah anakku menangis dan tidak mau cerita kenapa sebab dia nangis? 

Aku sebagai ibu cukup panik dan mencari tahu apa penyebabnya. Dengan segala bujukan dan rayuan Ibu, akhirnya anakku cerita kalau dia selalu diisengin oleh teman sekelasnya. Suka dipukul, dijewer dan terkadang diejek secara verbal atau bisa disebut verbal bullying Beberapa kali anakku menceritakan kelakuan teman sekelasnya kepada wali kelas, tapi wali kelas hanya menegur dan menasehati teman yang membuli anakku. Sayangnya disaat itu juga wali kelas menasehati anakku dan mengatakan, jangan selalu lapor ke ibu dirumah apa  saja yang telah dilakukan selama disekolah. 

pic by google
Karena anakku sudah mulai jenuh dengan kelakuan teman sekelasnya yang selalu dilakukan setiap hari, akhirnya anakku tidak mau pergi sekolah. Dia mulai menolak apabila ibu mengajaknya kesekolah. Kadang anakku mengarang dia sakit atau capek supaya ibu tidak memaksanya kesekolah. 

Perasaan ibu tidak bisa dibohongi, ibu yakin ada sesuatu yang membuat anaknya malas untuk kesekolah. Ternyata benar, karena bullying dari temannya lah yang membuat anakku enggan kesekolah. 
Ibu tidak bisa diam untuk hal satu ini, ibu terpaksa telepon wali kelas dan mengatakan hal yang selalu dilakukan teman sekelas anakku hinggan anakku enggan kesekolah. Ibu juga bilang kalau akan melaporkan kepada kepala sekolah tentang bullying ini. 

Mungkin wali kelas cukup kaget hingga akhirnya membujuk ibu untuk menahan niatnya yang akan melapor kepada kepala sekolah. Dengan segala cara wali kelas sendiri yang akan melaporkan kepada pihak sekolah untuk menindak lanjuti masalah bullying ini. 

Alhamdulillah penangan masalah bullying teman sekelas anakku bisa diatasi dengan melapor kepada sekolah. Tetapi ternyata kasus ini tidak selesai sampai disitu. 
Anakku tetap menjadi target bulli dari temannya. 

Disinal peran orang tua dibutuhkan, aku sebagai ibu berusaha untuk memberikan pertahanan kepada anakku.. Aku mengikutinya latihan bela diri untuk menjaga dirinya sendiri. Aku merasa, dengan adanya bekal bela diri pada anak-anak kita membuat anak menjadi lebih percaya diri dan bisa melindungi dirinya sendiri. 

Dan ternyata benar, secara otomatis disaat anakku punya bekal ilmu bela diri, dia merasa lebih percaya diri untuk melindungi dirinya dan bahkan sekarang menjadi peindung untuk teman-temannya. 

Ya kepercayaan diri dan ilmu bela diri adalah cara yang ibu berikan agar anak-anak dapat mencegah bullying pada dirinya. 

pic by google

Alhamdulillah anak-anakku sekarang sudah tidak pernah lagi menjadi target bullying dari temannya, anakku merasa bahwa dengan keberanian yang mereka miliki, bisa membuatnya menjadi lebih berani melawan yang tidak baik. 

Bullying itu bisa dicegah dan bisa diatasi. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua dalam menyikapinya. Sayangi dan rangkul anak-anak kita, bekali mereka dengan ilmu. InsyaAllah anak-anak kita akan selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Love 
Novia





Mencegah Bullying Pada Anak

by on April 30, 2020
Banyak kasus yang ditemukan saat ini,terutama terjadi dilingkungan pendidikan. Kasus yang selalu terulang di berbagai daerah yaitu Bullying...