pic by google

Kami kakak beradik sebanyak 6 orang. Terdiri dari 3 Perempuan dan 3 Laki-laki. 
Aku sendiri adalah anak perempuan yang lahir terakhir alias bungsu. Jadi aku yang merasa paling banyak menghabiskan waktu bersama kedua orang tuaku. Disaat kakak-kakakku pergi sekolah, aku selalu diajak papa dan mama untuk ikutan kerja dengan mereka, bahkan sampai keluar kota. Jadi aku merasa beruntung menjadi anak bungsu.. banyak waktu jalan-jalannya. 

Dulu kita tinggal di kota Bandung, sedangkan papaku kerjaannya mobile harus keluar kota. Dan mama juga selalu menemani kemanapun papa pergi, jadi disitulah keberuntunganku sebagai sibungsu yang selalu ikut dengan mereka. 

Waktu itu papa harus menuju kota Jakarta, karena jarak dari Bandung ke Jakarta cukup dekat dan tidak perlu menggunakan pesawat jadi kita menggunakan jalur darat dengan membawa mobil sendiri. Dan saat itu belum ada yang namanya tol Bandung- Jakarta, semua perjalanan melewati jalur puncak. Tapi aku suka sih lewat puncak, jalannya naik turun jadi bisa sambil nyanyi naik..naik.. kepuncak gunung.. 
Namanya bocah yaa bawaannya mah happy aja kalau jalan-jalan sambil nyanyi.


Aku inget banget waktu kita lagi makan di Puncak, pas jam makan siang, aku beserta mama papaku mampir disebuah restourant di Puncak. Sebenarnya bukan makan siangnya yang special buatku saat itu, tetapi papaku secara diam-diam membelikanku sebuah kado berupa  boneka kelinci warna coklat yang sangat lucu. Memang disepan restorant itu ada yang jual boneka, lulu deh bonekanya..

Aku yang masih kecil saat itu merasa senang sekali dengan hadiah dari papaku, boneka itu selalu menemaniku disetiap kegiatanku. Bahkan kadang kesekolahpun sering aku masukkan ke dalam tas supaya boneka kelinci itu selalu berada didekatku..

Saking sayangnya aku dengan boneka kelinci pemberian papaku, hingga dewasa pun aku masih menyimpannya. Aku tetap membawanya kemanpun aku pergi.

Boneka kelinci itu baru berpisah denganku disaat aku akan menikah, aku merasa sudah tidak harus menyimpannya lagi karena aku sudah ada yang akan menemani seumur hidupku.. hihi

Tapi tau gak, boneka itu sampai aku sudah punya anak 3 masih ada loh. Aku memberikannya kepada keponakanku dan masih disimpan hingga saat ini. Jadi kalau aku masih kangen dengan moment pemberian hadiah dari papaku, aku selalu memperhatikan boneka kelinci coklatku sambil bernostalgia dan berharap masa-masa bersama papaku bisa terulang lagi..



Love
Novia


Kado terindah dari Papaku

by on Oktober 20, 2017
pic by google Kami kakak beradik sebanyak 6 orang. Terdiri dari 3 Perempuan dan 3 Laki-laki.  Aku sendiri adalah anak perempuan yan...
Tiga tahun yang lalu, suami dapat tawaran hijrah kerja ke tanah Papua. Negeri yang jauh diujung Indonesia, yang julukannya Negri Diatas Awan. kebayang donk apa yang saya jawab pada saat suami menginfokannya kesaya? yaaaa saya langsung jawab “nggak”. Itu jauh banget pikir saya, kami biasa tinggal diibukota yang sibuk dengan hiruk pikuk kota dan terbiasa dengan macet dimana mana serta kehidupan yang ramai diwaktu apapun, baik itu siang maupun malam.


DiPapua, sore aja mungkin udah berasa malem menurut saya pada waktu itu. Akhirnya suami menolak untuk hijrah kePapua.. Alhamdulillah ucap saya pada saat itu.
Ternyata selang beberapa bulan kemudian, kantor suami menawarkan hal sama, yaitu pindah ke Papua.. ohhhh Papua lagi..Papua lagi.. sempat bingung,sebal dan penasaran, apa sih alasan kantor suami yang kayanya ingin sekali memindahkan suami saya ke Papua.
Beberapa hari kemudian,rasa penasaran saya terjawab. Ternyata suami mau dipindahin ke Papua dengan alasan bahasa Inggris beliau bagus, bisa cas cis cus sama bule-bule yang ada disana.. “jangan salah lohhh,walaupun papua itu identik dengan penduduk kulit hitam, tapi pendatang bulenya banyak”. Jadi menurut orang-orang, kalau menghadapi costumer atau pelanggan bule, kita mesti benar-benar bisa pendekatan dengan sangat baik, dan harus menjalin relasi yang sangat baik juga, jadi dibutuhkan orang khusus… ihhh jadi ge er nih.. 🙂
Setelah pertimbangan yang cukup matang dan pencarian informasi yang sangat banyak dari berbagai sumber tentang Papua, khususnya daerah Timika. akhirnya kami memutuskan untuk hijrah ke Negeri Diatas Awan.

Keberangkatan pesawat kami pukul 22.00 wib dengan maskapai Garuda airlines. perjalanan selama 6 jam. Sampai diTimika pukul 06.00 wit. perbedaan waktu antara Jakarta dan Timika adalah 2jam. Sampai disana kami langsung diantar keperumahan tempat tinggal kami, namanya Kuala Kencana. Ternyata Kuala Kencana itu letaknya agak jauh dengan airport di Timika. Tapi ternyata itu adalah sebuah kota kecil yang indah dan sangat tertata rapi yang letaknya didalam kota Timika.. Kebayang gak ada kota kecil di dalam sebuah kota..

Setelah hampir satu bulan saya berada di Timika, saya sering mendengar cerita tentang perang suku disana. Waktu itu tepatnya 01 November 2013, saya mau menjemput suami ke airport Mozez Kilangin Timika, suami saya baru aja turun dari kota tambang Tembagapura.

Saya menyetir mobil sendiri pada saat itu,ditemani oleh anak-anak saya yang masih kecil-kecil. dipertengahan jalan mobil saya dan beberapa mobil lainnya dihadang oleh segerombolan orang asli Papua yang membawa senjata berupa tombak panjang. Saya udah ketakutan, saya cuma bisa berusaha lari dari gerombolan dengan memutar balik arah mobil dan sembunyi didalam parkiran sebuah gedung. Tapi saya gak bisa lama-lama ada digedung itu,karna pasti kalau saya ketahuan mereka,pasti saya bisa jadi korban.Mau lanjut kearah airport, masa sudah banyak didepan saya, mau balik arah pulang,jalanan sudah ditutup sama ratusan aparat kemanan dan mobil tank yang besar besar. Akhirnya saya ambil jalan yang menuju hutan, saya sendiri gak tau itu tembus jalannya kemana. Diperjalanan saya cuma bisa berdoa dan menangis, untung anak-anak saya pada saat itu gak ikut nangis, mereka malah bantuin saya untuk selalu istiqfar. Alhamdulillah setelah sekian lama saya nelusurin hutan, akhirnya ujungnya saya sampai didekat airport, rasa syukur yang cuma bisa saya ucapkan pada saat itu.
Bulan demi bulan, bahkan Tahun demi Tahun saya jalanin hidup dinegri yang jauh diujung Indonesia. Walaupun begitu banyak kerusuhan yang terjadi disana,bahkan perang suku yang beritanya selalu ada di media televisi. Tapi saya suka hidup disana. Tempat yang begitu indah, masyarakat yang ramah, kerukunan sesama pendatang yang sudah seperti saudara sendiri, dan komunitas muslim yang kuat yang terjalin diantara kami. Disana kami sering sekali didatangi oleh Ustad-ustad dan Habib-habib kondang, bahkan Habib Ahmad yang berasal dari Yaman pernah sarapan dirumah saya. HJ.  Irena Handono dari Jakarta,  Syekh Ali Jaber,  Ust. Wijayanto, Habib Zindan bin Novel yang sempat mendoakan anakku pas di ulang tahunnya 25 April. Alhamduliallah tali sillaturahmi antar muslim sangat erat terjalin.
Papua… kau itu bagai intan yang ditemukan didasar laut. Begitu indah alamnya, cantik,dan tidak membosankan. Walaupun jauh dari hirukpikuk ibukota,jauh dari keramaian kota, tapi pemandangan yang cantik, udara yang segar,dan tempat yang indah membuat saya ingin kembali lagi kesana.
Saya berharap segala konflik yang ada diPapua akan segera diatasi, tidak ada lagi perang suku, tidak ada lagi kericuhan dimana-mana. Karena kamu begitu cantik.. I Love Papua..
Tiga tahun saya tinggal di Papua. Dan sekarang suami dan saya dimutasi lagi ke daerah Jawa, tepatnya Semarang.. Semoga kami betah tinggal disini, semoga kota ini  akan meninggalkan kesan indah yang sama dengan Papua. Terimakasih yaAllah atas segala nikmatmu.. Aamiin..
Papua..Negeri Diatas Awan…
Love Novia
nb : tulisan ini dikutip dari blogku yang satu lagi yaaa





Papua Negeri di Atas Awan

by on Oktober 17, 2017
Tiga tahun yang lalu, suami dapat tawaran hijrah kerja ke tanah Papua. Negeri yang jauh diujung Indonesia, yang julukannya Negri Diatas Aw...
Kalau ngomongin soal hobby seperti yang diberi oleh mba Ika P dan Mba Arina. ... wah banyak banget hobby dari dirikuh.. yaaaa salah satunya adalah makan enak, jalan-jalan sama tidur nyenyak.. whatttt tidur mangnya termasuk kategori hobby ya... xixixiix

Tapi aku memang penggemar makanan enak, yaa kalau dipikir-pikir siapa sih yang gak suka sama makanan enak..

Makanan enak seperti apa sih yang masuk ke kategoriku...
Sebenarnya aku itu pecinta bakso, jadi aku akan mencoba dan berburu bakso kemanapun pergi.. Buatku makan bakso satu atau dua mangkok aja sudah bisa membuatku bahagia..


Dulu ya sebelum menikah alias pas masih single, aku makan bakso bisa berkali2 dalam satu hari. bahkan setiap abang tukang bakso yang enak deket rumahku, pasti aku punya no hp nya.. 
"sebenernya ngidolain baksonya atau abang baksonya sih. xixiix "

So buatku gak perlu harus Eropan food atau apa lah itu yang ribet n susah-susah. Cukup siapin bakso, sama temen-temennya yaitu seafood, pasta, pizza, chesse cake dll aku udah seneng banget.. *minta ditampol..

Hobby keduaku adalah Jalan-jalan.. 
Aku paling suka yang namanya travelling karena bisa membuat diriku selalu tersenyum.. bawaannya happy aja kalau lagi jalan-jalan. Apalagi kalau ketemu pantai.. wuihhhh aku suka banget sama amisnya air laut... Aku kangen Travellinggggg... hiks hiks




Kalau tidur nyenyak sebenarnya bukanlah hobbyku, tapi lebih kepada sebuah harapan. Maklumlah yaa emak dengan 3 baby membuatku tidur selalu terjaga alias stand by.. jadi tiap mau tidur pasti pikirannya ke kamar anak-anak.. mereka udah tidur apa belum yaa dan mereka mimpi indah apa nggak yaaaa.. duhh emak-emak mang selalu dihantui dengan berbagai pemikiran dan pemikiran.

pic by google

Kembali lagi ke hobby..
Hobby ku sebenernya banyak banget, tapi yang benar-benar ditekuni saat ini adalah menulis blog.. yaa walaupun aku terbilang baru banget ngeblog, tapi sebenernya banyak banget draft di dalam komp ku yang gak berani untuk aku share.. maklum lah dulu mah isinya curhatan semua, jadi disimpen aja baik-baik di file yaa.. hehe


Aku juga seorang yang menggemari olahraga, tapi gak semua olah raga aku bisa mainkan.. hanya dua yang serius aku jalani dari jaman sekolah dulu. 
Gini-gini atlet loh... *atlet yang gak kesampean tapi...

Aku dulu pas masih SMP suka ikutan renang di sekolah, dan alhamdulillah kepilih untuk ikutan pertandingan se provinsi, dan alhamdulillah masuk kekategori pemenang ke dua mewakili tim sekolah. 

Kalau waktu SMA aku lebih menekuni bidang olahraga basket. Basket itu buatku adalah olahraga yang menantang, yang butuh banyak energi dan kepercayaan diri. Karena untuk memasukkan bola ke ring basket, kita harus pede agar bolanya pas masuk di ring.. apalagi kalau mau mencapai three point.


pic by google

Sebenarnya aku punya pengalaman yang menyedihkan waktu SMA, pengalaman yang berhubungan dengan basket.
Dulu kelas 2 SMA aku terpilih bersama tim sekolah untuk tanding basket ke Jambi, semua kebutuhan dan perlengkapan sudah disiapkan, dan aku sudah mendapatkan nomor punggung di baju basketku.. Wah rasanya bangga banget ya bisa keluar kota untuk tanding basket membawa nama sekoalah. Keberangkatanku tinggal menunggu hari, pas pelatihku datang kerumah untuk kedua kalinya sambil memina izin untuk pamit, tiba-tiba papaku bilang Tidak... Aku tidak boleh berangkat ke Jambi.. Ya Allah itu rasanya seperti disamber petir disiang bolong. Aku nangis dan mohon-mohon sama papaku, sampai mamaku yang meminta izin ke papa tetap seperti jawaban pertama yaitu Tidak...


pic by google

Saat itu alasan papa tidak masuk akal buatku, hanya karena aku takut ketinggalan pelajaran dan karena aku anak perempuan yang tidak boleh pergi keluar kota tanpa orang tua.. Aku sedih sedih dan sangat sedih.. Buyar semua impianku untuk meraih piala kemenangan dari kota orang..

Aku sempat sakit hati dengan papaku dan bertekad untuk meninggalkan basket selama-lamanya.. Rasa kesal yang mendalam membuat aku lebih banyak diam dikamar dan tidak mau lagi mengobrol dengan papaku saat itu. Aku cuma bisa membayangkan bagaimana tim basketku yang sedang bertanding.
Sedih luar biasa.

Pas aku kelas 3 SMA, papaku berusaha membujuk diriku dan membolehkan aku main basket lagi.. tapi yaa namanya kadung bete n sebel. Aku menolak, aku bener-bener gak mau lagi megang bola basket.
Pelatih basketku saat itu yang memang kebetulan shinse pengobat sakit papaku bilang bahwa aku punya potensi untuk jadi atlet basket. Dan sang pelatih meminta papaku untuk merayu aku supaya mau kembali kedunia basket.. Tapi aku tetap pada kekesalan hatiku bahwa aku tidak akan main basket lagi.. Titik....

Itulah beberapa hobbyku dari sekian banyak hobby diriku yang tidak bisa aku limpahkan disini..

Selamat membaca dan menekuni hobby masing-masing

Love
Novia



Hiii Guys.. sudah pada tahu belum kalau Dream Theater mau dateng lagi loh ke Indonesia?
Ini kedatengan mereka yang ketiga kalinya, I am so happy...
 29 dan 30 September 2017 ini Dream Theater akan manggung di Prambanan Jogjakarta.. Wuihhh udah kebayang nih gimana serunya. Aku dan suami sudah sibuk cari-cari penginapan di Jogja yang bisa sehotel sama nih Group Metal idola.. Alhamdulillah hotelnya dapet.. Happy lagi... yeeeeeeeyyy


pic by google

Dulu pas konser pertama, sayang banget aku gak bisa nonton. Kondisinya juga gak memungkinkan. Aku baru lahiran anak ke dua dan abangnya yang pertama juga lagi sakit, jadi gak bisa deh ninggalin baby. Baiklah saya mengalah, biar pak suami yang berangkat.. " selamat bersenang-senang sayang:.. salam yaa buat babang Jhone Petrucci..
Konser pertamanya digelar di Ancol Jakarta Utara. Kata pak Suami seru sih konsernya, dan berkesan banget.. duhh ngiri... pengen ikut..

Oke dikonser pertama itu aku gak bisa ikut, tapi aku langsung buat perjanjian sama pak suami.. " seandainya Dream Theater dateng lagi keIndonesia, aku harus nonton yaaaa.. Dan pak Suami meng Iya khan... Yesss lampu hijau..

Tidak beberapa bulan setelah konser, aku dan keluarga kecilku pindah ke Timika Papua. Walaupun sudah tinggal diujung Timur Indonesia, bukan berarti info tentang group idola terlewati yaa.. Malahan semakin menggila.. Aku ikutin semua fanpage mereka di media sosial, tujuannya agar tidak ketingglaan berita tentang sang idola.

Nahhhh pas lagi di Timika,,Alhamdulillah aku dikasih rejeki sama Allah SWT.
Aku dipercaya lagi hamil anak ke tiga. Jujur berharap banget dapet anak cewek.. ternyata hasil usg mengatakan.. "maaf anda belum beruntung" hihihi..

Pas hamil anak ketiga, tepatnya hamil tua 8 bulan. Sang idola dateng lagi ke Indonesia.. Wowwww mereka kembali... aku seneng banget..
Aku langsung telp suami yang lagi dikantor dan menginformasikan bahwa sii babang Jhone dateng ke Jakarta...
Akhirnya aku siap-siap donk packing barang buat mudik ke Jakarta, cari-cari informasi tentang konser dan tiket pesawat.
Alhamdulillah aku dimudahin banget.. Tiket pesawat langsung ku dapati, tiket konser titip sama temen di Jakarta, dan tidak terlupakan anak-anak titip sama kakak ipar..hihih rejeki mang gak bakal kemana yaa...

Tapi ada sedikit kendala nih...
Pas di airport Mozez Kilangin Timika, aku di tahan. Kata sang pengawas, aku gakboleh terbang dengan alasan keselamatan. Terlalu riskan terbang diusia kandungan 8 bulan, resikonya terlalu berbahaya. Tapi dengan kegigihan hati dan selalu berdoa, akhirnya aku lulus dan dibolehin naik pesawat.. yaaa walaupun dengan iming-iming "resiko ditanggung sendiri ya buu, kata sang pegawai airlines.


pic by google

Terbang selama 6 jam tujuan Timika-Jakarta, dan langsung siap-siap untuk berangkat nonton konser.. Semua sudah on schedulle. Alhamdulillah lanjar... 

Aku dan suami menikmati banget konsernya, walaupun ssaat itu adalah promo album baru mereka dan otomatis gak bisa ikutan nyanyi karena blm ada yang tau sama lagunya, so far aku seneng banget. 

Perjalananku ke Jakarta memang bertujuan hanya nonton konser, bukan untuk liburan atau jalan-jalan. Jadi aku dan keluarga di Jakarta hanya beberapa hari aja, tapi aku masih bisa menyempatkan untuk berbelanja perlengkapan new baby didalam perutku. 

Oke... perjalanan nan jauh demi Babang Jhone Petrucci berakhir.. Aku beserta keluarga kembali ke Timika dengan selamat Dan baby ku lahir tepat di tanggal 1 Januari 2015.. 



Happy new year...

Inilah pengalaman nonton konser Dream Theater pertamaku... Sesuai dengan tema yang diberikan oleh mba Marita dan Mba Dini.
Ikuti kisah selanjutnya yaaa.. berburu tiket Dream Theater di Jogja bareng babang Gojek... hihiiiiii

Love
Novia
Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-33/PJ/2011 tentang Badan/Lembaga yang dibentuk atau disarankan oleh pemerintah yang ditetapkan sebagai penerima zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto, maka Lazibda bekerjasama secara nasional untuk pelaksanaannya yang bersifat universal terhadap kegiatannya. 

Lazibda sendiri  merupakan lembaga amil zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembanngan Islam ( YPKPI ) Mesjid Raya Baiturrahman, LAZIBDA awalnya bermula dari adanya potensi zakat, infaq dan shadaqah ( ZIS ) pada jamaah mesjid raya baiturrahman yang belum tergarap secara maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka didirikan LAZ Baiturrahman nama awal Lazibda sesuai SK Yayasan Masjid Baiturrahman.
Tanggal 23 Maret 2006/22 shafar 1427 H nomor 015SKEP/YMB/III/2006. Seiring dengan berjalannya waktu dengan semakin berkembangnya LAZ Baiturrahman maka namanya dirubah menjadi lAZIBDA pada 8 Agustus2010. 



Visi dari LAZIBDA adalah :

Terlaksananya pengelolaan zakat, infaq dan sadaqah yang efektit dan efesien sesuai dengan tuntutan agama islam. 

Sedangkan Misi dari LAZIBDA adalah :
  • Memberikan bimbingan dan dorongan kepada umat islam untuk melaksanakan kewajiban dalam menuanaikan zakat, infaq dan sadaqah. 
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya keadilan sosial.


Tujuan dari adanya Lazibda adalah :
  • Membantu mengatasi kesenjangan sosial ekonomi masyarakat sehingga terwujud hubungan masyarakat serta sejahtera materil dan spirituil.
  • Menjaga harkat dan martabat mustahik.
  • Mengentaskan kemiskinan 
  • Memberikan bantuan pada anak yatim piatu

Motto Lazibda 

ALYADUL'ULYA KHAIRUN MIN YADISSUFLA (AL HADIST)
" TANGAN YANG DIATAS LEBIH BAIK DARI TANGAN YANG DIBAWAH"

Sudah jelas adanya bahwa setiap manusia yang hidup di bumi Allah SWT sebaiknya menjadi seseorang yang selalu memberi daripada diberi. Karena kemuliaan seseorang akan selalu terlihat dari apa yang beliau selalu berikan terhadap yang membutuhkan. 



Budaya kerja yang selalu dilaksanakan oleh Lazibda adalah 
  • Lakukan program saat ini juga
  • Awali kerja dengan Basmallah
  • Zuhud gaya hidup kita
  • Ikhlas dalam bekerja
  • Semangat terus dijaga
  • Buang jauh-jauh suudzon
  • Akhiri kerja dengan Muhasabah dan Hamdalah



Lazibda itu sendiri memiliki beberapa sumber dana, sumber dananya berasal dari :
  1. Zakat, Infaq Shadaqah - Hak penuh pengurus Lazibda dalam kebijakan pengelolaan anggaran.
  2. Dana CSR (Corporate Sosial Responbility) dana bantuan sosial dari perusahaan - disesuaikan program Lazibda dan program dari perusahaan.
  3. Dana Program - Penawaran program-program khusus (beasiswa, maksum, waqaf,dll) kepada donatur dengan perjanjian jangka waktu tertentu. Memakai akad khusus. 
Pembagian Pentasyarufan Perolehan ZIS
  • 25% maksimal untuk operasinal diambil dari hak amil dan sabilillah, dengan ketentuan infaq dan shadaqah dengan ketentuan persenan mengalami penurunan seiring peningkatan perolehan sesuai kebijakan Pengurus terhadap perolehan setiap tahun.
  • 25% ekonomi (dalam bentuk bantuan modal)
  • 20% pendidikan (bea siswa, saran sekolah, bantuan mesjid)
  • 10% kesehatan ( baksos)
  • 5% kepemudaan
  • 5% musyafir orang terlamtar 
  • 10% cadangan (infaq dan shadaqah)


Untuk program ekonomi, kesehatan, pendidikan, kepemudaan (sabab), Pemberdayaan di Lazibda dilakukan integral 4 bidang di atas dalam satu area cluster pembinaan. Untuk masing-masing area 5 tahun atau sampai daerah tersebut terberdaya. 

Sisihkan sedikit hartamu, bersihkan dari riba dan selalu ingat bahwa "TANGAN YANG DIATAS LEBIH BAIK DARI TANGAN YANG DIBAWAH"

LAZIZ Baiturrahman

Phone   : 085100999774
Email   : lazis.baiturrahman01@gmail.com
Alamat : Jalan Mugas Dalam No 22
Facebook : Lazis Baiturrahman
Intagram/Tw : @lazibda


Novia

Berzakatlah melalui LAZIBDA

by on Oktober 05, 2017
Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-33/PJ/2011 tentang Badan/Lembaga yang dibentuk atau disarankan oleh pemerintah ya...