10 Tips Menghasilkan Uang dari Ngeblog

Sesuai dengan yang sudah aku jabarkan kemarin di event "Blogger Meet Up" yang diadakan oleh Semarang Pedia di HypeMart Sri Ratu Semarang..  

Aku yang saat itu menjadi salah satu nara Sumber tentang Tips tips menghasilkan uang dari nge blog.. 


Karena waktu yang tidak begitu panjang..  Jadi aku gak bisa terlalu banyak untuk menjabarkan di event kemarin.. 

Nah sekarang aku akan tuangkan di blog ini. 
Langsung ke pokok pembahasan yaa..


10 Tips Menghasilkan Uang dari Ngeblog

1. Isilah blog dengan tulisan-tulisan yang baik dan bermutu..  Serta usahakan blog yang akan kita tulis sesuai dengan niche atau aliran masing-masing blogger..

Misalnya nih...  Kita notabenenya suka dengan travelling,  maka kita usahakan untuk menjadi traveller blogger.  
Tujuannya sih simple..  Supaya kita lebih fokus ke dalam isi tulisan kita dan kita juga akan mendapatkan feel yang baik untuk setiap tulisan yang kita ketik di blog kita sendiri..  Jadi akan lebih enak dan renyah tulisannya..  

Contoh lainnya,  kalau kamu suka masak..  Coba aja untuk menjadi food blogger..  Isi deh blog kamu tentang segala macam resep masakan yang sudah kamu buat.. 
Tapi jangan lupa yaa sertakan foto yang Bagus di blog,  supaya orang yang baca blog kamu,  mau balik lagi untuk mampir dan mencari informasi yang mereka butuhkan. 


Tips yang berikutnyaaa..  Yaitu ke... 

2. Perbaiki setiap isi tulisan kita di blog agar banyak pengunjung yang mampir untuk membaca.. 


Misalnya... Kalau isi blog kita kebanyakan typo..  Pasti pengunjung males buat baca tulisan kita..  Menurut mereka,  blog kita tidak rapih..  

Dan satu lagi..  Kalau di blog juga gak usah pakai kata-kata alay..  Kecuali memang blog kamu alirannya tentang kamus alayers..  Hihihi


3. Share artikel-artikel yang sudah kita tulis ke media sosial.. 

Setiap blogger khan pasti punya media sosial..  Baik itu Instagram,  Facebook,  Twitter dll..  

Tapi memang saat ini,  media sosial yang banyak dipakai untuk mencari job yaaa 3 item tadi..  Jadi setiap sudah nulis..  Jangan lupa share yaaa supaya banyak yang tertarik untuk mampir ke blog kita.. 


4. Ikuti komunitas-komunitas blogging dan memulailah untuk membagikan data pribadi agar banyak klient yang melihat dan bisa menghubungi dengan mudah. 

Biasanya job paling banyak didapatkan dari info komunitas..  Jadi jangan pelit untuk mengshare akun-akun media sosial,  akun blog kita dan selalu sertakan email agar klient lebih mudah mencari kita..  

Kalau kamu termasuk orang yang sulit atau merasa privat untuk mencantumkan no wa di media sosial,  kamu bisa mencantumkan email saja,  lalu nanti apabila kamu sudah diemail oleh klient..  Baru deh Kasih no wa nya supaya bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan baik... 


Next... Ke.. 

5. Ubah akun blog kita menjadi yang berbayar.. 

Bukan berarti blog gratisan tidak menghasilkan uang yaaa...  Hanya saja apabila kita menganggap menjadi seorang blogger yang profesional,  alangkah baiknya kita lebih serius terhadap blog kita..  
Dan jika blog kita sudah berbayar..  InsyaAllah klient akan suka bekerjasama dengan blog kita..  Karena klient akan menilai bahwa kita memang seriuss dalam pengelolaan blog kita sendiri.. 


6. Blogger juga butuh media sosial yang baik..

Misalnya nih...  Kita khan punya instagram,  facebook dan twitter..  

Nah kita harus memperhatikan feeds instagram kita..  Jadi dalam memposting foto kita harus fokus terhadap tingkat kecahayaan,  ketajaman foto,  foto yang Bagus serta caption yang menarik..  Kalau kita termasuk yang cuek dengan feeds Intagram,  rata-rata klient tidak begitu suka..  Karena foto kita tidak menarik untuk dilihat dan dilike..  

Begitu juga di facebook dan twitter..  Kita harus membuat caption yang baik,  tanpa harus nyepam dengan segala status yang galau.. 


7. Perbaiki hubungan kita di media sosial dan kehidupan nyata..  

Simple sih..  Kalau kita termasuk orang yang baik dengan masyarakat..  Pasti deh..  Klient akan mau mengajak kita bekerja sama.  Karena tidak pernah membuat masalah dengan orang lain.. 


8. Buat review se real dan sebaik mungkin serta pastikan no hoax.. 

Sebagai blogger kita harus membuat image yang baik menjadi blogger yang anti hoax..  
Karena kalau kita sudah pernah membuat suatu review atau artikel hoax,  nanti dilain kesempatan kita tidak akan pernah dipercaya lagi oleh para pembaca dan teman-teman kita dimedia sosial..  Jadi gak punya temen deh...

9. Jangan black campaign.. 

Jadi walaupun kita di hire oleh produk A..  Bukan berarti kita bisa menjelek-jelekkan produk B..  Bagaimana caranya,  kalau mau mencari kekurangan dari produk B kita harus soft selling dengan cara mencari kata-kata yang tidak akan menyinggung atau merusak nama baik salah satu produk. 


10. Penulisan blog untuk awal jangan ditarget,  karena kita bukanlah pemburu berita yang harus memiliki stok artikel.

Perbedaan antara blogger dan wartawan bisa dilihat dari penggunaan kata,  jumlah kalimat dan target..  

Penggunaan kata dari blogger tidaklah baku,  melainkan lebih santai dan mudah untuk dicerna oleh pembaca.  

Dalam jumlah kalimat yang digunakan blogger,  alangkah baiknya terdiri dari minimal 500 kata agar mudah didetect oleh google.  

Untuk target,  blogger sebenarnya tidak memiliki target dalam jumlah penulisan artikel.  Tapi apabila kita update artikel secara teratur,  maka pembaca akan mudah mengetahui kapan kita akan memposting tulisan terbaru kita dan traffic di blog kita akan lebih baik.. 


Kurang lebih begitulah tips untuk mendatangkan klient dan menarik klient agar mau bekerjasama dengan blog kita..  

Tapi tetaplah ingat..  "Bagaimanapun indahnya kehidupan dunia digital,  tetap lebih Indah kehidupan didunia nyata"


Sekian tips-tips dari aku..  

Next kita lanjutin lagi dengan tips-tips yang lainnya yaaa... 


Dan aku welcome banget kalau mau sharring di coment.. 

Selamat membaca dan mempraktekkan.. 

Love
Novia

12 komentar:

  1. Wah seru bgt mba sharingnya. Berguna bgt nih tips nya buat aku yg masih baru yg emg pengen bgt serius di dunia per blog an.

    Utk saat ini sih blm ada target bgt buat menjadikan blog sbg bisnis. Hanya utk menuangkan ide menulis aja. Biar ada medianya saja. Dan aku senang kalo ada org mau baca blog aku. Hehehe...
    Tq ya mba..

    BalasHapus
  2. Nomer 9 setuju banget, krn aku pernah nolak promo satu brand. Ya itu, disuruh black campaign, enggak banget deh.

    BalasHapus
  3. Bener banget iku mbak. Seasik-asiknya dunia maya,lebih asik dunia nyata. Acaranya seru banget ya. Tapi sayangnya aku nggak bisa dateng. Makasih tipsnya mbak.

    BalasHapus
  4. Makasih banget Kakak Domi udah bagi tips kecenya. Perbaiki blog ah ... Kalo ga males hahhahaa.

    BalasHapus
  5. Noted mba yang jangan black campaign hehehee :)

    BalasHapus
  6. Jadi inget bbrp waktu lalu mundur dari 1 campaign yg ternyata ada klausul menjelekkan nama kompetitor. Karena itu termasuk black campaign akhirnya mundur meski fee nya gede.
    By the way, terima kasih sharing tips nya Novia

    BalasHapus
  7. Makasih kakak tipsnya. Semoga perlahan bisa menerapkan 10 tips di atas.

    BalasHapus
  8. Wahhh, makasih banget buat tipsnya mbak, berguna banget buat aku yg masih butuh banyak asupan hehehhe.


    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Cetar bingit cyiiin quote terakhirnya haha...

    BalasHapus
  10. Mantep kaka, kebetulan saya juga lagi belajar ngeblog dan yang agak sulit adalah konsisten menulis he he semoga kedepanya dapat berpenghasilan dari blog

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...