Manfaat dan Tips Ngeblog ala Novia Domi

Menurut aku ngeblog itu adalah...

Sebelum memberikan tips-tips ngeblog ala Novia Domi, aku ingin bercerita dulu kenapa aku bisa menulis di blog? dan kenapa aku jadi tertarik untuk meluapkan beberapa tulisan di blog?


Awalnya aku memiliki blog yang belum berbayar alias gratisan. Blog itu namanya www.noviadomi.wordpress.com  . Sampai saat ini blog itu masih ada tapi sangat jarang aku update. Aku menulis disitu benar-benar masih sesuka hati. Apa yang terlintas di fikiranku, pasti aku tulis. Terinspirasi dari teman di Papua yang membagikan setiap moment indahnya dalam blog pribadi, akupun tertarik untuk membagikan setiap moment di blog pribadiku.

Begitu aku pindah domisili ke Semarang, aku mulai mencari komunitas wanita yang suka menulis di blog. Alhamdulillah aku ketemu dengan Komunitas GandjelRel yang mana seluruh anggotanya wanita. Dikomunitas itu kita bisa saling berbagi apapun tentang blog.


Aku juga banyak belajar di komunitas GandjelRel, aku diarahkan oleh teman-teman untuk memiliki blog yang berbayar. Dengan tujuan aku bisa lebih serius dalam menulis dan memungkinkan untuk bisa memiliki penghasilan dari tulisan.
Akhirnya aku memutuskan untuk memiliki domain pribadi yang sampai saat ini aku pakai yaitu www.noviadomi.com


Diblog www.noviadomi.com aku banyak menceritakan segala pengalaman dan moment-moment indahku, ada juga beberapa curhatan hati yang aku tulis disana. Tapi curhatan hati itu hanya sampai di draft saja, alias tidak aku publish di blog supaya aku tidak mengumbar aib pribadi.. piss sista..

Tapi alhamdulillah blog pribadiku saat ini sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah loh.. walaupun belum banyak, tapi aku bersyukur bahwa aku mampu untuk selalu mengupdate blogku dengan hal yang bermanfaat untuk orang banyak.

Aku memiliki beberapa tips dalam ngeblog ala Novia Domi


Tips-tipsnya adalah


  • Yakin
Sebelum kita membuat atau menulis blog, sebaiknya kita yakin dulu kalau blog kita tersebut akan bermanfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain. Karena dengan keyakinan, kita pasti akan sering atau rajin untuk mengisi blog pribadi.


  • Rajin Menulis
Apa saja yang ada di fikiran kita yang memungkinkan untuk kita tulis diblog sebaiknya kita tumpahkan semua dalam bentuk tulisan. Jangan kebanyakan atau keseringan tulis lalu hapus lalu tulis lagi lalu seperti itu terus sampai akhirnya tulisan kita tidak selesai. Lebih baik tulis aja dulu semua tanpa menghapus dan apabila tulisan kita sudah selesai bisa dibaca kembali baru kita bisa edit beberapa tulisan yang sudah kita ketik. 

  • Hobi
Jadikan menulis itu sebagai hobi. Karena kalau kita sudah hobi menulis otomatis kita akan rajin untuk menuangkan ide-ide kita didalam tulisan. Jadi akan terupdate terus blog kita.


  • Blog adalah Diary
Bagi kita yang biasa menulis diary pasti sering banget update.. mulai dari curhat masalah gebetan sampai masalah yang sensitif sekalipun. Nah kalau sudah punya blog, coba deh tuangin curhatannya ke blog.. tapi saran aku gak usah share yang sensitif yaa kalau blog kita banyak dibaca oleh orang lain, supaya aib kita tidak terumbar kemana-mana. 


Diatas itu adalah sebahagian tips ngeblog ala aku.. sebenarnya masih banyak sih tips-tips ngeblog ala Novia Domi.. tapi ntr malah kepanjangan nulisnya.. 
Sekarang kita berbagi manfaatnya aja yaaa..

Menurut aku pribadi manfaat ngeblog itu banyak banget.
Mulai dari melepas uneg-uneg yang ada dihati kita, ngeblog juga bisa meluangkan segala ide yang terlintas di fikiran kita. Ide cemerlang apapun bisa kita tulis di blog. Apalagi kalau ide itu bermanfaat bagi orang banyak, pasti blog kita banyak yang akan mengunjunginya.. 

Aamiin.. semoga dengan berbagi tips-tips bermanfaat ini, blog aku  juga jadi banjir pembaca yaaa..

Yuk jangan lupa mampir ke blog aku dan tulisanku yang lain yaa..
Happy ngeblog sista...

Love
Novia






1 komentar:

  1. konsisten harus ya mbak, memang suka muncul rasa malas, kalo udah gini harus berusaha di lawan.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...