5 Tanaman Cantik dan Banyak Manfaat ini Wajib Ada di Rumahmu Agar Suasana Jadi Fresh


5 Tanaman Cantik dan Banyak Manfaat ini Wajib Ada di Rumahmu Agar Suasana Jadi Fresh!



Memiliki tanaman memang menyenangkan apalagi kalau ada di dalam rumah, pasti akan lebih terlihat asri. Daripada kita membeli alat penyegar ruangan untuk membersihkan udara di dalam rumah lebih baik menanam tanaman, sehingga udara di dalam rumah akan menjadi lebih segar dan bersih.
Sayangnya, masih banyak orang yang takut serta kebingungan untuk memilih jenis-jenis tanaman dan juga cara merawatnya. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi 5 tanaman indoor yang perawatannya gampang banget dan juga cocok deh buat kamu yang pemula. Yuk, simak ulasannya di artikel ini!

1. Aloevera



Aloevera atau yang biasa disebut lidah buaya ini mudah banget perawatannya. Nggak perlu terkena sinar matahari setiap harinya, kamu hanya cukup menyiram tanaman ini dan menjemurnya satu kali dalam seminggu. Mau di kamar tidur, dapur, ruang keluarga atau di kamar mandi, kamu bebas meletakkan tanaman satu ini dimanapun.

Manfaat dari lidah buaya ini cukup menakjubkan lho, tanaman satu ini bisa menyaring zat-zat kimia di udara. Jika kamu menempatkan tanaman lidah buaya ini di kamar tidur bisa membantumu untuk mengurangi insomnia, selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan energi-energi negatif dan jangan lupa untuk menempatkannya di dalam pot cantik agar penampilannya lebih menarik, ya!

2. Sansevieria




Sansevieria ini merupakan tanaman yang terlihat lebih aesthetic. Tanaman yang biasa dikenal dengan nama lidah mertua ini bisa membantu mengurangi stress dan mampu meningkatkan produktivitas, lho! Karena dapat menetralkan racun di udara, asap dan bau ruangan, tak heran jika tanaman Sansevieria ini dijuluki sebagai air purifier alami.

Cara merawatnya pun juga sangat simpel, cukup keluarkan di pagi hari, siram seminggu atau 2 minggu sekali kalau media tanaman ini kering atau kamu juga bisa menyemprotnya dengan air di bagian batang 2 hari sekali supaya debu pada tanaman ini hilang. Kalau kamu menanam tanaman ini dijamin deh rumah kamu akan terlihat lebih cantik dan fresh.

3. Monstera deliciosa



Dengan menanam tanaman Monstera deliciosa di dalam rumah bisa membuat interior ruangan terlihat lebih indah. Jika dibanding tanaman yang lain harga dari Monstera deliciosa ini lebih pricey lho. Meski harganya yang murah, jangan sepelekan manfaatnya lho, sebab tanaman ini mampu menghasilkan oksigen yang cukup banyak pada malam hari, jadi cocok banget deh kalau di letakkan di ruangan kamar tidur.

Berbeda dengan tanaman di atas, kamu harus pastikan kalau Monstera deliciosa ini cukup mendapatkan cahaya matahari, untuk menyiramnya kamu bisa lakukan 3 kali dalam seminggu. Supaya tetap segar, kamu harus membawanya keluar pada pagi hari 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : menu buka puasa selama Ramadhan 

4. Sirih gading


Buat kamu yang sedang mencari hiasan di rumah, cocok banget nih pakai jenis tanaman rambat satu ini. Selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman jenis merambat satu ini memiliki manfaat yang sama seperti 3 tanaman di atas, yaitu sebagai air purifier alami. Kamu bisa meletakkannya di dinding supaya tanaman ini dapat menjuntai indah. Cara perawatannya pun juga cukup mudah, kamu cukup menyiramnya dengan rutin dan jaga supaya media tanamnya selalu lembab.

5. Succulent atau kaktus


Jenis tanaman terakhir ini bisa kamu letakkan di ruangan yang terdapat barang-barang elektronik, sebab tanaman ini mampu menangkal radiasi laptop maupun smartphone. Cara merawatnya pun cukup mudah, pastikan pilih media tanam yang tepat, tidak bersifat porous.

Karena jika media tanamnya bersifat porous makan ketika disiram air akan mengendap dan bisa menyebabkan akarnya membusuk. Selain itu, kamu juga perlu menyiramnya ketika media tanamnya mengering, ya paling tidak 1 minggu sekali dan jemur sebentar setiap harinya.

Nah, itu dia 5 jenis tanaman yang bisa kamu coba tempatkan di dalam ruangan. Kalau ada tanaman yang layu atau mati jadikan itu sebagai pembelajaran dari sebuah kegagalan dalam merawat tanaman dan jangan menyerah, ya! Tak hanya sebagai hobi saja, merawat tanaman ternyata juga bisa menjadi media self healing. Selain itu juga bisa membantu kita untuk melatih bertanggung jawab, menumbuhkan rasa empati serta dapat mengurangi stress juga. Dijamin deh rumah bakal menjadi semakin cantik dan segar. Selamat mencoba, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...