5 Hal Yang Dirindukan Dari Suasana Ramadhan dan Persiapan Lebaran

Setiap tahun saat menuju Ramadhan adalah moment yang sangat dinanti. Banyak hal yang bisa lakukan disaat Ramadhan dan belum tentu bisa kita lakukan dibulan-bulan lainnya.

Ramadhan itu ibarat sesuatu yang sangat dirindukan, kalau bisa selama Ramadhan tidak ada satu halangan apapun untuk melaksanakan setiap kegiatannya.
Menurut aku ada beberapa hal yang paling aku rindukan dari suasana Ramadhan



  • Sahur Bersama
Aku termasuk orang yang seneng banget kalau makan tengah malem, hihihi.. Tapi kadang suka males kalau gak ada temennya. Nah karena moment Ramadhan ini se isi rumah pasti makan sahur khan, jadi ada temennya deh..




  • Berburu dan Memasakan Aneka Takjil
Sebenarnya tanpa moment Ramadhan pun aku selalu membuat berbagai macam cemilan dan takjil, tapi disaat Ramadhan ini rasanya berbeda. Karena kita masak pasti tanpa mencicipinya, jadi semua pakai perasaan. Perasaan udah pas atau belum ya? atau bahkan malah keasinan dan kemanisan.. Jadi disinilah seninya bikin aneka masakan dan takjil tanpa dicicipi hanya ada di saat Ramadhan..



Tapi kalau lagi malasnya keluar, kita bisa jalan-jalan sore  alias ngabuburit sambil hunting untuk buka puasa.. Seru deh..





  • Buka Bersama 
Biasanya sebelumm Ramadhan tiba, seluruh anggota group whatsup pasti sudah heboh untuk mengadakan moment buka bersama. Udah nyiapin tempatnya dimana, iurannya berapa dan bahkan kadang sampai ada peraturan boleh bawa anggota keluarga atau nggak.. Buat aku gak masalah sih kalau untuk membawa anggota keluarga ikut moment buka puasa bersama teman-teman lama.. ya sekalian aja sebagai ajang silaturahmi keluarga dan saling mengenal..

Tapi untuk saat ini cukup sedih ya, karena isu virus covid yang melarang untuk berkumpul-kumpul membuat kita tidak bisa merencanakan acara buka bersama. Termasuk keluarga sendiri pun kita gak bisa kumpul. Gak bisa pulang kampung untuk bertemu sama keluarga besar..







  • Buat Seragam Keluarga untuk Lebaran
Ya Allah sedih banget tahun ini kita gak bisa kumpul keluarga besar. Kami sekeluarga kakak beradik ada 6 orang, dan kami semuanya terpencar ada yang di Jakarta, Batam, dan Pekanbaru. Biasanya kita udah sibuk untuk cari bahan kain dan bikin seragam.. Bikin seragam selalu kita serahin ke Mama. karena Mama yang paling tau mau bikin apa dan ukuran baju kita semua gak berbeda jauh, jadi contohnya cukup satu baju mama aja tinggal disesuaikan.. Tapi tahun ini pasti gak ada moment itu. Moment cari kain sama mama ke toko-toko kain. moment datengin tukang jahit dan ngingetin untuk cepat selesai.. Kangen masa-masa itu. Masa-masa persiapan lebaran




  • Kumpul Lebaran dengan Keluarga Besar
Keluargaku termasuk keluarga besar, jadi kalau kumpul terkadang harus gantian ada yang naik kerumah Gadang ( istilah rumah adat di Miangkabau ) dan ada yang harus nunggu dirumah bawah untuk nantinya gantian naik kerumah Gadang.








Kita selalu kumpul di rumah Gadang mama untuk saling bersamalaman, makan-makan menu lebaran yang biasa kita buat.. Menunya sangat-sangat menggiurkan. Dari Ketupat dengan gulai tauco atau opor ayam, dipadukan rendang daging dan paru, sambal ati, sop ayam, dendeng balado dan lainnya.. masih banyak menu lebaran yang kita suguhkan untuk keluarga besar beserta kue-kuenya.



Semoga tahun ini masih bisa seperti itu.. Aamiin.



Sebenarnya masih banyak sekali yang aku rindukan dari suasana Ramadhan dan Lebaran. Tapi tetap moment kumpul keluarga lah yang paling kita rindukan.. Apalagi kalau sudah ada rencana nyate bareng.. sembelih kambing 3 ekor itu gak cukup untuk kita.. harus lebih lagi..hihihi



Happy Ramadhan Sista-Sista and Minal Aidin Wal Faidzin.. Maaf Lahir Bathin dari saya sekeluarga.



Love
Novia



























1 komentar:

  1. Yang paling saya kangenin ya buka puasa bersama sekaligus reunian. Wah, kesempatan ketemuan teman-teman sekolah dan kuliah yang cuma setahun sekali itu lewat deh, tahun ini.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...