5 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak





Buku itu adalah guru yang tidak pernah marah. 
Melalui buku kita bisa banyak belajar dan mendapat berbagai ilmu pengetahuan dengan mudah. 

Buku hanya bisa kita baca dan kita perhatikan, tapi dia tidak bisa menjawab kita dengan suara.. 
Tapi dengan adanya buku, kita menjadi mudah untuk mendapatkankan informasi atau cerita yang kita butuhkan. 

Tapi sayang, saat ini sangat sulit untuk menumbuhkan minat baca buku kepada anak-anak.. 

Yaaaa.. baca juga tidak selalu harus dari buku. mungkin bisa dari internet berupa artikel online, blog dan berita tertulis lainnya. Tetapi karena memang minat baca itu sendiri yang semakin berkurang, maka buku sudah tidak menjadi primadona lagi saat ini di toko-toko buku. 
Orang sekarang lebih tertarik untuk membaca online dibandingkan membaca langsung pada buku. 

Aku dan suami yang memang sama-sama suka membaca buku dan senang memiliki buku secara fisik, punya trik untuk anak-anak agar mereka bisa memiliki minat membaca yang tinggi. 

Memang awalnya tidak mudah, tapi lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan bahkan membuat anak-anak seperti ingin dan ingin lagi memiliki buku baru. 

5 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak ala Novia Domi

  • Rajin membacakan buku cerita atau buku ilmu pengetahuan pada anak disaat mereka masih kecil
Banyak yang bilang kalau masih kecil itu anak-anak tidak mengerti apa-apa. Jadi percuma kalau dibacakan buku.. 
Salah Besar...

Bahkan sebelum anak kita lahir kedunia, kita harus sudah mengajaknya berinteraksi, baik itu membacakan buku, bercerita dan bahkan mengaji. Hal itu dilakukan untuk memancing stimulasi otak anak selama masa kandungan dan akan dibawa hingga anak tersebut lahir di dunia. Hal ini juga selalu dibahas dalam ilmu parenting oleh pakarnya. 

Rata-rata anak yang lahir di dunia dengan IQ yang cerdas adalah anak yang semenjak dikandungan sering beritnteraksi dengan kedua orang tuanya. 
Jadi jangan lupa untuk membiasakan membaca mulai dari anak masih didalam kandugan Ibu ya..

  • Rajin Mengajak Anak ke Toko Buku
Biasanya aku dan suami punya jadwal khusus untuk mampir ke toko buku.. Bisa 1 sampai 2 kali dalam satu bulan. Dan kita juga punya budget khusus untuk membeli buku. 

Maka moment ke toko buku inilah yang bisa kita manfaatkan kepada anak-anak untuk mereka memilih sendiri buku yang mereka suka dengan referensi dari orang tuanya. 

Mungkin anak yang masih berumur dibawah lima tahun bisa diajak membeli buku yang lebih banyak gambar dan kertasnya lebih tebal sehingga tidak mudah sobek. Sedangkan anak yang lebih besar bisa dipandu untuk membeli buku tentang ilmu pengetahuan seperti kisah-kisah Nabi atau sains.
Mereka akan sangat senang sekali apabila diberi kebebasan dan kepercaan untuk memilih bukunya sendiri. Anak-anak akan bangga dengan buku-buku yang mereka miliki. 

  • Tumbuhkan Tempat yang Nyaman

Membaca itu membutuhkan kenyamanan dan ketenangan. Apabila tempat kita membaca sangat ribut dan tidak nyaman, pasti kita akan malas untuk berada disana dan malas membaca ditempat seperti itu. Sebaliknya apabila kita punya tempat khusus membaca yang nyaman, bersih dan sunyi pasti kita akan senang meluangkan waktu khusus untuk tetap berada ditempat itu dan bisa membaca dengan tenang.

sudut baca yang tenang

  • Membiasakan Mengulas Kembali Isi Buku
Terkadang anak-anak itu sungguh sangat kreatif dan kritis. Mereka akan senang apabila buku yang telah selesai dibacanya bisa dibahas bersama orang tua dan dicari kesimpulannya.. Anak-anak itu akan banyak berimajinasi, sehingga mereka pasti akan memiliki 1001 pertanyaan yang ingin diberikan kepada orang tuanya untuk didiskusikan. Jadi sebagai orang tua juga harus siapkan ilmu yang cukup ya untuk membahas setiap buku anak. 

  • Berikan Contoh
Sebenarnya ini adalah point yang paling penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Anak-anak itu memiliki sifat peniru yang mana sesuatu yang dilakukan orang tuanya, pasti mereka juga ingin melakukannya. 

Contohkan dirumah bahwa kita sebagai orang tua juga suka membaca, jika perlu kita selalu meluangkan waktu membaca didepan mereka dan membahasnya.. perlahan anak-anak pasti akan meniru apa yang kita lakukan. Biasanya mereka akan bertanya-tanya terlebih dahulu, apa saja buku yang biasa kita baca, bagaimana isinya dan menarik atau tidak. 

Apabila anak-anak sudah memiliki berbagai pertanyaan tentang kebiasaan orang tua dalam membaca, maka di moment itulah kita bisa mulai memperkenalkan dan mengajak perlahan anak-anak dengan membaca. 

Jadi sebagai orang tua jangan lupa ya untuk selalu mengajak anak membaca dan selalu membaca..

Love
Novia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...