Kondisi New Normal dan Kesadaran Diri Akan Covid-19




Saat ini korban covid-19 semakin meningkat, begitu banyaknya warga yang belum paham harus bertindak dan berlaku seperti apa dalam mengatasi situasi virus seperti ini. 
Tapi dengan adanya sosialisasi dimana-mana seharusnya bisa membuat warga semakin sadar bahwa virus covid-19 sangat berbahaya. 

Mungkin diri kita pribadi belum bisa melakukan banyak hal untuk membantu pemerintah dalam mengatasi virus berbahaya ini, tapi alangkah baiknya kalau kita memulainya dari mempersiapkan diri dengan berbagai pertahanan pribadi. 

Contoh pertahanan diri yang kita bisa lakukan untuk pencegahan dan protokol kesehatan untuk  kita sendiri bisa dilakukan dengan cara: 
  • sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik
  • hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
  • hindari menyentuh bahagian muka terutama mata dalam keadaan tangan yang tidak bersih
  • hindari menyentuh hewan liar
  • selalu pergunakan masker atau tutup mulut
  • konsumsi vitamin atau suplement sesuai anjuran
Dengan cara diatas, kita akan cukup terhindar dari virus dan berusaha untuk tetap peduli dengan lingkungan sekitar. 

Saat ini diberbagai wilayah Indonesia sudah diberlakukan kondisi New Normal. Hal tersebut terpaksa dilakukan oleh pemerintah karena sudah hampir lumpuhnya perekenomian di Indonesia. Sangat disayangkan tapi tidak ada jalan lain selain kita tetap aware dan mengikuti protokol kesehatan selama wabah covid-19. 

Kondisi New Normal sekarang sudah banyak tempat-tempat umum yang dibuka, seperti tempat pariwisata, tempat pembelanjaan, dan bahkan ada beberapa sekolah yang sudah mulai beraktifitas. 

Didaerahku Sumatera Barat ada beberapa tempat wisata yang memang cukup ramai didatangkan oleh wisatawan, tetapi semenjak virus covid-19 mewabah tempat wisata tersebut tutup total.
Tetapi dengan adanya kondisi New Normal dan segala pertimbangan tempat wisata dikota ini  sudah dibuka kembali dengan tidak melupakan protokol kesehatan sesuai standartnya. 
Bagi wisatawan yang ingin masuk ketempat wisata diwajibkan menggunakan masker, kendaraan disemprot dengan desinfektan, tetap cuci tangan dan dibatasi pengunjung dalam setiap jamnya. 

Di wilayah kota tempat tinggalku tidak banyak tempat untuk meng check test covid atau rapid test. Tapi ada satu puskesmas di daerah Ibuh Payakumbuh Sumbar yang sudah ditunjuk sebagai tempat rapid test terdekat rujukan pemerintah. Disana kita akan dilayani sesuai prosedur keselamatan covid-19. 

Saat pandemik ini, aku termasuk orang yang cukup menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, kami selalu menghindari pergi keluar rumah apabila memang tidak begitu diperlukan. Apapun yang selama masih bisa dilakukan dalam rumah, akan kami lakukan dirumah saja. Termasuk konsultasi tentang kesehatan. 

Alhamdulillah sekarang sudah ada situs untuk bertanya secara langsung dengan dokter melalui online. Situs Halodoc sangat membantu saya sebagai orang tua apabila ada keluhan kesehatan pada anggota keluarga. 

Cara konsultasi di situs Halodoc sangat mudah, kita tinggal membuka situsnya dan ada laman chat dokter sekarang. Kita bisa chat dengan dokter yang standby dan ceritakan keluhan apa yang sedang kita alami saat ini. Dokter akan menjawab sesuai keluhan kita beserta solusinya. Situs ini  sangat membantu dan memudahkan kita apalagi disaat kondisi pandemik seperti ini. 


Banyak juga artikel tentang kesehatan di situs Halodoc yang sangat membantu kita untuk mencari informasi dan solusi dalam kesehatan. 

Sabagai warga yang sadar akan keselamatan, hindari keluar rumah, lakukan apapun secara online selama itu bisa, Jaga jarak dan selalu patuhi peraturan dan protokol kesehatan. 

Sehat selalu dan tetap waspada akan wabah covid-19.

Love
Novia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...