Rendang Makanan Tradisional Minangkabau Yang Mendunia


Sudah pernah nonton siaran Gordon Ramsay di NatGeo yang syuting bareng dengan Cheff William Wongso? Kalau belum untuk para pencinta kuliner nusantara, kamu wajib nonton.. Kenapa? Karena kita sebagai warna Indonesia harus bangga dengan Makanan tradisional kita yang mendunia. 


Cheff Gordon Ramsay saja sampai berguru untuk bisa masak Rendang secara langsung di Minangkabau Indonesia. Mungkin kalau dipikir-pikir kenapa  harus ke Indonesia untuk memasak Rendang, di Inggris pun tetap bisa masak rendang tanpa harus datang langsung kesini. Ternyata setelah dicari tahu bumbu dan rempah-rempah yang ada Indonesia dengan diluar negeri itu berbeda. Walaupun jenisnya sama tetapi tetap berbeda. Contohnya seperti kelapa. Kelapa adalah bahan dasar dalam pembuatan Rendang. Kelapa yang ada atau tumbuh di Indonesia berbeda dengan kelapa yang berasal dari luar negeri. Kelapa Indonesia itu lebih legit, lebih kental dan bahkan bisa menghasilkan minyak yang baik dari hasil proses memasak yang benar. Jadi kelapa Indonesia bisa dibilang kwalitasnya sangat bagus untuk digunakan dalam proses pembuatan Rendang. 



Rendang itu sendiri ada berbagai macam pengolahan, dari jenis daging atau olahan yang dibuat untuk dijadikan rendang. Mungkin selama ini orang luar hanya mengetahui beberapa jenis rendang seperti Rendang Daging dan Rendang Ayam. Tapi ternyata masih banyak jenis olahan lain yang bisa dibuat rendang. Seperti 

  • Rendang Paru
Rendang yang dioleh dari paru sapi, proses pembuatan rendang paru sedikit berbeda dari rendang daging pada umumnya, karena paru yang akan dibuat rendang harus direbus terlebih dahulu, lalu didiaduk dalam bumbu rendang yang masih setengah proses memasak, dan disisihkan paru terlebih dahulu sebelum bumbu rendang matang. Setelah disisihkan paru digoreng sebentar dengan tujuan paru tidak akan menjadi alot apabila dimasak. Setelah digoreng baru dicampurkan kembali ke bumbu rendang dan dimasak hingga masak dan keluar minyak dari olahan bumbu rendang yang berbahan dasar kelapa. 

  • Rendang Ikan
Tidak banyak yang suka memasak Rendang Ikan. Karena ikan yang akan dibuat untuk rendang harus melalui proses pembuangan tulang terlebih dahulu dan ikan harus digoreng baru bisa diolah untuk bahan rendang. Proses pembuatan rendang ikan akan menghasilkan tekstur rendang yang mirip dengan abon, tetapi walaupun teksturnya seperti abon tetap memberikan rasa rendang yang khas. 


  • Rendang Telur
Rendang telur yang biasa dibuat oleh orang Minang berbeda seperti bentuk telur aslinya. Mungkin apabila kita melihat dan mencicipinya secara langsung, kita tidak akan mengira bahwa itu adalah rendang telur. 

Rendang Telur biasanya dibuat dari telur yang sudah didadar dan dikukus terlebih dahulu, lalu dipotong kecil-kecil dan digoreng kering seperti kerupuk baru diolah dengan bumbu rendang dan dimasak hingga bumbu kering dan menghasilkan telur seperti kerupuk. 



  • Rendang Pisang
Jujur sebagai orang Minang, saya masih sedikit aneh dengan Rendang Pisang. Memang jarang ada yang membuat rendang pisang, tapi waktu dicicipi rasanya tetap enak dan bisa dinikmati dengan nasi hangat. 


Masih banyak jenis-jenis rendang yang ada di Minangkabau, seperti Rendang Aneka Daun, Rendang Singkong, Rendang Kacang Merah, Rendang Kentang dan Rendang lainnya. Intinya oleh orang Minangkabau apapun bisa dijadikan bahan dasar untuk pembuatan Rendang yang merupakan bahagian dari kuliner Indonesia.

Proses pembuatan rendang itu sendiri cukup memakan waktu selama 6-8 jam hingga menghasilkan minyak dan bumbu rendang yang baik. Biasanya rasa rendang semakin nikmat apabila dimasak diatas tungku api yang dibuat dari kayu bakar. Jadi rasa rendang yang khas akan kita nikmati apabila melalu proses-proses tersebut. 

Kalau kamu mau makan Rendang yang enak dan dijamin nikmat, yuk berkunjung ke Minangkabau Sumatera Barat. Selain Rendangnya nikmat, Minangkabau juga lengkap dengan alamnya yang indah dan asri. 


Aku tunggu ya di Sumatera Barat. 





Love

Novia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...