Mengatur Keuangan Keluarga Untuk Kesehatan

Saat ini kita sedang dilanda pandemik, khususnya pandemik covid-19. Yang mana kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan, anti imun diri sendiri dan keluarga. 

Sebagai ibu, saya harus bisa menyiapkan segala kebutuhan keluarga yang berhubungan dengan kesehatan. Saya juga harus bisa menyiapkan segala kebutuhan makanan dan minuman sehat agar keluarga terhindar dari virus penyakit. 

Untuk menyediakan itu semua pasti harus memiliki biaya yang cukup dan harus pintar-pintar dalam menyiasatinya. 


Jujur saya tidak punya anggaran khusus untuk kesehatan berupa asuransi. Kami sekeluarga hanya ditopang oleh BPJS kesehatan, itu pun diharuskan karena di unit usaha kami wajib melaporkan asuransi BPJS kesehatan. Tapi buat saya itu sudah cukup ,karena memang kami tidak mengganggarkan jenis asuransi lainnya untuk kesehatan dan berharap tidak ada penyakit serius yang membutuhkan banyak biaya. 


Pengaturan keuangan yang terpenting sekarang menurut saya adalah di asupan keluarga berupa makanan dan minuman sehat. Saya terfokus untuk selalu memberikan mereka asupan terbaik dan bisa menjauhkan mereka dari bibit penyakit. InsyaAllah kalau kita ikhtiar dengan apa yang kita tujukan, keluarga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang menyerang. 


pic by google


Tapi memang semenjak pandemik covid 19 saya harus menyiapkan anggaran asupan makanan yang cukup besar untuk keluarga. 

Biasanya dalam satu hari cukup masak satu kali diluar sarapan, bisa cukup memenuhi kebutuhan satu keluarga full sampai malam. Tapi semenjak covid mungkin keseharian saya lebih banyak di dapur. 

Mulai dari menyiapkan sarapan sehat berupa buah segar, jus buah dan sayur serta sarapan berat seperti roti atau lainnya. Setelah itu saya harus lanjut menyiapkan cemilan sehat anak-anak yang biasa dikonsumsi sekitar pukul 10.00

Tidak selesai disitu, kemudian saya harus menyiapkan makan siang nasi dan lauk-pauknya dan lengkap dengan sayuran. Anak-anak selama belajar dirumah, pasti lebih banyak konsumsi makanan agar mereka tidak bosan walaupun hanya dirumah saja. 

Begitu juga dengan sore harinya, minimal cemilan sehat harus tersedia di meja makan supaya anak-anak tidak memikirkan untuk jajan diluar. Dan lanjut ke menu makan malam yang lebih sering berupa mie atau makanan yang tidak terlalu berat. Memang keseluruhan menu tersebut selalu saya sediakan walaupun dengan tidak adanya pandemik covid. Tapi semenjak pandemik covid ini berlangsung, asupan yang saya sediakan biasanya akan lebih mahal karena bahan-bahan yang digunakan harus lebih sehat, dan porsinya harus lebih banyak karena anak-anak tidak ada kegiatan lain diluar ruangan. 


Walaupun hanya dirumah saja, setiap hari saya mengajak anak-anak untuk berjemur, bermain sepedah dihalaman rumah dan melakukan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan disekitaran rumah. Itu semua agar bisa menyeimbangkan asupan mereka yang cukup banyak setiap harinya dan mereka tidak menimbun lemak yang suatu saat bisa saja menjadi bibit penyakit. 


Alhamdulillah selama pandemik covid-19 ini, anggaran keuangan untuk keluarga selalu terpenuhi dan anak-anak sehat walafiat tanpa adanya sakit baik itu yang serius atau tidak. Buat saya kesehatan keluarga adalah yang terpenting, dan tidak apa-apa apabila anggaran keuangan melonjak cukup tinggi selama itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga saya. 



Untuk saya saat ini, cara mengatur duit cukup simple. Yaitu cukup untuk setiap harinya, dan kebutuhan anak terpenuhi serta kesehatan anak terjamin. 


Love 

Novia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...