Mengenalkan Manfaat Susu A2





Belum lama ini kami para Mom Blogger mengikuti event online bersama Buumi Playscape via live Instagram, yang mana saat itu di bawakan oleh host Mbak Natasha Guna selaku co-founder Buumi Playscape sekaligus mom influential figure dan serunya pembicara atau nara sumber yang diudang adalah seorang dokter anak dan konsultan gastroenterologi yaitu DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K).



Dr. Ariani sangat menjelaskan bagaimana proses perkembangan anak yang dimulai dari baru baru lahir sampai menuju 1000 hari pertama kehidupannya. 


Menurut Dr. Ariani Pada masa inilah anak-anak akan sangat membutuhkan nutrisi penting dalam tubuhnya karena perkembangan dan pembentukan otak serta organ penting lainnya sedang menuju pembentukan awal yang maksimal. Oleh karena itu pemenuhan nutrisi berperan penting untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif. 


Tapi kita sebagai ibu harus waspada karena dimasa ini anak-anak bayi dan balita akan sangat rentan terkena gangguan pencernaan. 

Sistem pencernaan yang belum maksimal terbentuk, dapat menyebabkan bakteri berkembang dan menyebabkan anak terinfeksi sehingga dapat menghambat penyerapan nutrisi yang maksimal dan menyebabkan mengganggu perkembangan anak dan proses pembelajaran anak di masanya. 


Sebenarnya asupan anak terbaik saat bayi adalah ASI (Air Susu Ibu) yang maksimal selama 2 tahun awal kehidupannya dan baru dilanjutkan dengan bantuan susu formula. Tapi apabila memang kebutuhan anak yang mengharuskan konsumsi susu formula dari awal kelahiran, itu tidak masalah selama dalam pengawasan, aman bagi anak dan sebelumnya konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau dokter anak. 


Dalam pemilihan susu formula kita sebagai ibu harus selektif, pada umumnya produk susu yang sering dikonsumsi anak dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B. 

Susu sapi juga merupakan salah satu sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi anak untuk membantu proses tumbuh kembangnya. 


Hampir keseluruhan susu formula terlihat sama dalam kandungannya, namun susu formula ternyata memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. 

Protein susu terdiri dari 2 jenis yaitu Whey dan Casein. 


Didalam susu, whey protein biasanya terdapat sebanyak 20% yang mana itu terdapat di bagian cair pada susu. 

Whey juga dikenal lebih anabolik artinya protein yang lebih berfungsi untuk perkembangan otot. Hal ini terjadi dikarenakan whey protein mempunyai kemampuan mendukung lonjakan kadar asam amino dalam darah yang diperlukan untuk memulai sintesis protein dalam otot.


Sedangkan Casein adalah merupakan kelompok protein terbesar dalam susu yang membentuk sekitar 80% dari total kandungan protein dalam susu. 

Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein. 

Beta-casein terdiri hingga 45% dari total casein.

Beta-casein sendiri memiliki beberapa varian, yaitu A1 dan A2. 


Susu formula yang dikonsumsi anak sebaiknya mengandung protein beta-casein A2, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu yang mengandung protein beta-casein A2 sangat aman untuk sistem pencernaan anak. Dan kandungan tersebut saat ini dimiliki oleh Susu A2. 


Susu A2 sangat lengkap dalam kandungannya yaitu selain beta-casein, juga terdapat kandungan seperti DHA, Kolin ataupun Omega 3 & 6 untuk mendukung pertumbuhan perkembangan otak anak. 



Sebagai Ibu kita tidak boleh salah memilih asupan untuk anak-anak. Yang terbaik adalah selektif dan mendukung penuh dalam perkembangan anak.  

Cintai anak kita dengan selalu memberikan yang terbaik. 


Love

Novia


22 komentar:

  1. Susu A2 ini jadinya lebih padat gizi dan lebih lengkap nutrisi untuk tumbuh kembang anak-anak ya, yg masih blm dong kalau di pasaran kita bisa liat dari mana jenis susu A2 bedainnya dengan A1 gimana, atau ada merek tertentu yg termasuk susu A2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di check di komposisinya mbak disetiap kemasan susu biasanya lengkap

      Hapus
  2. Ilmu baru nih tentang kandungan susu. Lanjutin dong mba, contoh susu A2 itu apa. Jadi penasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ternyata memang banyak kandungan susu yang harus kita ketahui untuk asupan anak-anak kita

      Hapus
  3. Ilmu baru nih mbak soal susu. Memang jadi Ibu harus selektif ya milih asupan buat anak, termasuk memilih susu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar banget mba, kita sebagai orang tua harus selektif agar gak sembarangan yang dikonsumsi anak-anak kita

      Hapus
  4. Wah..apakah ini jenama susu yg baru mba? Ternyata jenis susu sapi pun berbeda-beda ya.. Trmksh infonya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ada yang merk A2 tapi bukan produk Indonesia, tapi kita bisa tau kok mbak daro komposisi di kemasan susu anak-anak, mana yang mengandung A2

      Hapus
  5. Waah, jadi nambah informasi lagi nih soal kandungan yang terdapat dalam susu. Ternyata beda-beda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kita harus lebih selektif lagi dalam memilih kandungan susu untuk anak-anak

      Hapus
  6. Ternyata nggak semua susu memiliki kandungan yang tepat dan lengkap untuk anak ya kak. Mulai sekarang kita harus benar-benar meneliti kandungan susu yang akan kita beli.. SUdah mengandung A2 atau belum. Begitu ya kak? Beta casein A2 tepatnya. Tapi apakah memang begitu penyebutannya di kemasan karton susu kak? Atau ada nama lainnya?

    BalasHapus
  7. Ngomongin susu yang kaya akan hal baik, aku malah nggak doyan susu. Ahahaha.
    Tapi kalo susu udah diolah jadi es krim atau yoghurt yang beku, aku bisa makan :P

    BalasHapus
  8. Susu A2 nu yg aman di lambung ya mbak. Lebih mudah dicerna katanya. Alhamdhulilah kalo aku sejak kecil susu jenis apa aja oke. Anak2ku juga. Makasih sharing ilmunya nya mbak

    BalasHapus
  9. Wah menarik ini..ilmu yang wajib diketahui para ibu...btw yang termasuk susu A2 ittu contohnya apa Mbak?

    BalasHapus
  10. Jadi tahu, sekarang sudah ada produk Susu A2 ya. Tumbuh kembang anak-anak jadi bisa terbantu.
    Anak-anak sehat, ibu pun bahagia ^^
    Alhamdulillah

    BalasHapus
  11. Wah baru tahu ada jenis-jenis susu yang berbeda untuk anak misalnya A2 ini Nov, tahunya susu sapi, susu kedelai, susu kambing, terima kasih infonya yaa

    BalasHapus
  12. Noted banget nih mbak ..jd tercerahkan ttg jenis-jenis sufor. Sebagai ibu hrs tahu y mbak biar g salah pilih susu yg sesuai u anak kita

    BalasHapus
  13. Baru ngeh loh ternyata protein susu itu dibedakan lagi, ada A1 dan A2 gitu. Pengaruhnya langsung ke pencernaan anak ya. Harus diperhatikan nih oleh para ibu yang akan memilih susu formula untuk buah hatinya.

    BalasHapus
  14. Kandungan susu bgus ya mba, tapi aq g doyan dr kecik 🤣 doyannya dbuat campuran es

    BalasHapus
  15. Aku baru hamil, baru tahu ada susu A2. Ini memastikan kalo susu mengandung A1 atau A2 ini gimana caranya?

    BalasHapus
  16. Aku malah penasaran rasa susu A2 itu gimana sih dibandingin dengan susu yang standar dibeli sehari hari gini? Apa lebih creamy atau gimana gitu.

    BalasHapus
  17. Edukasi mengenai Susu A2 ini berlum banyak yang tahu ya mba Nov, aku sedang belajar juga ini mengenal jenis-jenis susu. Biar jadi calon ibu yang baik.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan Selamat menikmati harimu...